Sejumlah Kepala Daerah di Sumbar Beri Dukungan untuk Jokowi Melanjutkan Pemerintahan

Sejumlah Kepala Daerah di Sumbar Beri Dukungan untuk Jokowi Melanjutkan Pemerintahan Surat Pernyataan kepala Daerah di Sumatera Barat untuk mendukung Jokowi melanjutkan pemerintahan, Senin (17/9/2018)

Covesia.com - Dukungan dari gubernur dan kepala daerah di Indonesia untuk calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’Ruf Amin pada Pilpres 2019 di sejumlah daerah telah mulai bermunculan. 

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tidak mau berkomentar banyak terkait hal tersebut, bahkan ada wacana dari sebagian kepala daerah di Sumbar untuk memberikan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’Ruf Amin.

"Untuk ini saya no comment," ujar Irwan  usai melantik Wali Kota Sawahlunto di Padang, Senin (17/9/2018).

Meskipun tidak berkomentar banyak, namun ia sempat membawa sejumlah kepala daerah yang diduga akan menyatakan dukungan terhadap Jokowi ke ruangan kerjanya, sebagian kepala daerah tersebut adalah Bupati Dharmasraya, Mentawai, Sijunjung, Tanah Datar, Pesisir Selatan dan Wali Kota Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat menemui sejumlah awak media mengungkapkan bahwa, pertemuan yang dilakukan kurang lebih selama 1 jam hanya membicarakan bentuk terima kasih kepada pemerintah pusat terkait pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan di Sumatera Barat.

"Kita hanya mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat, seperti pembangunan Pasar Atas Bukittinggi yang menelan biaya miliaran rupiah, dan kita tidak ada anggaran sebanyak itu untuk membangunnya," ujar Ramlan Nurmatias didampingi oleh kepala daerah lainnya.

Selain itu, ia juga membantah ada tekanan dari gubernur untuk menghentikan rencana pernyataan dukungan terhadap calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’Ruf Amin urung dilaksanakan.

"Tidak ada tekanan dari gubernur, kita hanya sebagai pemerintah daerah berterima kasih terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo selama ini terhadap daerah Sumbar," sebutnya.

Ia menjelaskan, sebagai kepala daerah tidak boleh jadi tim kampanye, hingga sekarang tidak ada pernyataan deklarasi dukungan terhadap Joko Widodo-Ma’Ruf Amin," lanjutnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa, kepala daerah di Sumbar juga berkomitmen untuk mensukseskan Pilpres 2019 mendatang.

"Untuk dukungan kepada salah satu calon kita hanya menyerahkan kepada masyarakat, silahkan masyarakat memilihnya," sebutnya.

(dil/don)


Berita Terkait

Baca Juga