Terkait Pemasangan APK, KPU Koordinasi dengan Pemda Agam

Terkait Pemasangan APK KPU Koordinasi dengan Pemda Agam Ilustrasi Alat Peraga Kampanye (APK) (Foto:Covesia/Rozi Yardinal)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Agam, gelar rapat koordinasi dengan Pemkab Agam, provinsi Sumatera Barat l, (Dumbat) untuk aturan penetapan lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019, di kabupaten Agam nantinya. Kegiatan itu di laksanakan di aula Kantor Bupati Agam, Jumat (14/9/2018).

Ketua KPU Agam, Riko Antoni mengatakan, sesuai PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang tahapan, bahwasannya nanti peserta Pemilu dapat melaksanakan kampanye setelah ditetapkan jadi Bakal Calon Tetap, (BCT) 23 September 2018, hingga hari tenang jelang Pemilu  13 April tahun depan.

"Dalam peletakan APK tentunya pihak parpol dan calon legislatif harus berkoordinasi dengan Pemda, KPU dan penyelenggara pemilu lainnya,sesuai dengan amanah PKPU nomor 23 tahun 2018," ujarnya.

Hal senanda juga disebutkan Sekda Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, dikatakannya kesepakatan tentang  lokasi peletakan APK harus di sepakati Parpol dan Calon Legislatif dengan Pemerintah,  baik di tingkat nagari dan kecamatan.

"Jangan sampai APK menjadi permasalahan di tengah masyarakat, dan bagi sesama calon legialatif dan parpol," lanjutnya 

Tidak hanya itu, peletakan lokasi APK di persimpangan dan pinggir jalan  juga harus melihat segi keselamatan pengendara, jangan sampai APK menutupi badan jalan sehingga membahayakan pengendara yang melintas, "tentunya untuk lokasi harus seizin pemilik lokasi," tutup Martias Wanto.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga