Polres Pesisir Selatan Cek Kelayakan Angkutan Umum

Polres Pesisir Selatan Cek Kelayakan Angkutan Umum Pemeriksaan gabungan angkutan umum laik jalan di Pesisir Selatan, Kamis (13/9/2018)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Petugas gabungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, terdiri dari Dinas Perhubungan, Satlantas Polres Pesisir Selatan dan Polisi Militer AD, di terminal Sago Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam operasi gabungan siang itu menjadi target sasaran petugas yaitu, Kendaraan Bus Umum dan Pariwisata, terkait kelayakan kendaraan.

Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Naomi  melalui KBO Lantas Iptu MH. Thamrin mengatakan, giat bersama bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dijalan raya, khususnya kendaraan bus baik itu umum ataupun pariwisata. 

Menurut nya, pengecekan meliputi surat - surat kendaraa, SIM, STNK, Sabuk Pengaman, dan kelengkapan berkendara lainya, yang wajib di patuhi dan dilengkapi bagi pemilik kendaraan, ataupun pengendara (sopir).

"Kita tetap kedepankan imbauan, jika pelanggaran cukup fatal, tindakan tegas berupa tilang tetap kita berikan," sebutnya pada Covesia.com Kamis (13/9/2018)

Tambahnya, selama pemeriksaan ada beberapa barang bukti, berupa SIM dan STNK kendaran yang dilakukan penegakan hukum (tilang) terhadap mobil yang menyalahi aturan.

"Giat ini dilaksanakan secara berkala sekali 3 bulan dan bila di pandang perlu. Dengan harapan meminimalisir kelalaian yang berakibat fatal, seperti kondisi rem, kondisi ban, keur, yang menyangkut keselamatan penumpang," jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pessel, Nuzirwan melalui Sekretaris Dishub Pessel Hasrial Amri mengatakan, anggota nya melakukan pemeriksaan terhadap mobil penumpang umum, pariwisata dan mobil penumpang lainnya terutama tentang kelayakan kendaraan seperti Rem, keur, pajak, kecocokan izin, mengemudi serta trayek/jurusan kendaraan.

"Selain melakukan tindakan tilang oleh petugas Satlantas Polres Pessel, pihaknya juga melakukan penyitaan barang bukti  racun api yang sudah kadaluarsa, dan memerintah lansung menganti racun api," kata dia

Kontributor Pessel: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga