Bukittinggi Tingkatkan Menu B2SA Berbasis Bahan Lokal

Bukittinggi Tingkatkan Menu B2SA Berbasis Bahan Lokal (Foto: Covesia/Debi)

Covesia.com - Pemrerintah kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar)  melalui Dinas Pertanian dan Pangan bekerjasama dengan TP PKK Bukittinggi berupaya meningkatkan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis bahan lokal ketengah masyarakat.

"Karena menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) memanfaatkan bahan lokal sangat penting bagi konsumsi kesehatan masyarakat, disamping dapat memberikan dukungan pada pariwisata, melalui pengolahan pangan lokal," kata kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Melwizardi pada saat lomba cipta menu B2SA dan pangan lokal di Bukittinggi, Senin (10/9/2018).

Ia menambahkan bahwa masyarakat harus paham dan dapat berkreatifitas dalam menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan pengolahan pangan lokal.

"Untuk menyajikaan menu sehat dan bergizi tidak perlu mahal, namun ciptakan menu yang disenangi keluarga yang sehat dan sesuai prinsip B2SA," tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi menyampaikan  pemerintah terus berupaya untuk memasyarakatkan konsumsi pangan  dengan status gizi yang baik akan banyak tercipta menu makanan yang sehat, bergizi, berkualitas, sehat, aman dan halal.

"Salah satu faktor penting yang mempengaruhi terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas ialah konsumsi pangan. Konsumsi pangan berkualitas, ditunjukkan dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari, agar masyarakat dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan," terangnya.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga