Setahun Amblas, Bahu Jalan Nasional Tuapejat Masih Belum Diperbaiki

Setahun Amblas Bahu Jalan Nasional Tuapejat Masih Belum Diperbaiki Tampak bahu jalan sebelah kiri yang terban di Tuapejat Km.3,5, Mentawai, dikasih tanda pembatas rambu-rambu (Foto: Covesia/ Septin Rahayu)

Covesia.com - Hampir satu tahun sejak November 2017, kondisi bahu jalan raya Tuapejat di Km.3,5 sebelah kiri yang terban akibat tingginya curah hujan, belum mendapatkan penanganan dari pihak terkait. 

“Setiap melintasi jalan di Km.3,5 saya selalu was-was karena kondisi jalan tepat berada di tikungan tajam yang mengarah ke jurang  dan jalannya juga kurang lebar,” tutur Rani salah seorang warga Tuapejat.

Seperti diketahui, jalan tersebut merupakan ruas jalan utama satu satunya  yang saban hari dilalui kendaraan hilir mudik dan merupakan jalan nasional.

Sementara dalam hal perbaikan infrastruktur jalan nasional yang mengalami kerusakan, merupakan  kewenangan dari Pemerintah Pusat.

”Terkait perbaikan jalan di Km.3,5 Tuapejat, kami sudah laporkan kepada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III di Padang dan pemerintah kabupaten tidak memiliki kewenangan dalam perbaikan jalan nasional tersebut,” ujar Kafrizen Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Mentawai saat disambangi di ruang kerjanya pada jumat (7/9/2018) kemarin.

Sementara itu PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Balai Pelaksanaaan Jalan Nasional III  Padang, Nova Erianto mengatakan melalui telepon, seluler ”saat ini sedang dalam proses mengusulkan dana untuk perbaikan infrastruktur jalan nasional di ibukota kabupaten Mentawai dengan desain di 7 (tujuh) titik, diantaranya jalan di km.3,5 dan Km.11 (wilayah Pogari) ke atas. Termasuk kegiatan merambah lahan di Km.3,” ujarnya.

Ia menambahkan, hingga keputusan kebijakan dari Jakarta untuk mengucurkan dana penanganan infrastruktur jalan dialirkan, pihaknya akan terus mendorong agar bisa melakukan rekonstruksi jalan nasional tersebut.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga