Jelang Idul Adha, Pemkab Pessel Lakukan Pengawasan Terhadap Sapi Kurban

Jelang Idul Adha Pemkab Pessel Lakukan Pengawasan Terhadap Sapi Kurban Foto: Covesia/ Johan Utoyo

Covesia.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan lakukan pengawsan terhadap sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah di daerah itu.

Melalui Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Hazrita mengatakan, pengawasan dilakukan bertujuan untuk melihat kondisi sapi kurban yang akan dipotong. Apakah dalam kondisi sehat atau bukan, karena hal itu dapat memicu kualitas daging yang akan dikosumsi.

"Agar daging yang dikosumsi aman dan juga dapat menjaga kepercayaan konsumen terhadap kualitas daging sapi yang dimiliki oleh Pessel sendiri," sebutnya pada Covesia.com, Jum'at (10/8/2018)

Menurutnya, Pessel adalah salah satu pemasok daging sapi di Sumbar. Maka dengan itu, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap sapi-sapi hasil ternak petani didaerah tersebut.

"Dalam pengawasan kita akan kerahkan petuga kelapangan. Tidak hanya kesehatan sapi, saat pemotongan kita juga akan awasi. Apakah daging sapi yang telah dipotong dalam keadaan aman dan steriel," terangnya

Lanjutnya, sejauh ini, Pessel masih menjadi salah satu daerah pemasok sapi kurban di Sumbar. Kemudian melihat potensi ketersediaan stok hewan ternak yang akan dikurbankan pada hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah cukup, bahkan melebihi dari kebutuhan. Dengan demikian, masyarakat atau pedagang tidak perlu melakukan impor dari luar daerah.

"Sektor perternakan di Pessel cukup menjanjikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk meningkatkan produksi ternak di daerah ini, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang berusaha di sektor peternakan," pungkasnya

Reporter Pessel: Indrayen


Berita Terkait

Baca Juga