Generasi Muda di Pasaman Diminta Jadikan Perpustakaan sebagai Sarana Belajar

Generasi Muda di Pasaman Diminta Jadikan Perpustakaan sebagai Sarana Belajar Ilustrasi- Anak- anak sekolah sedang membaca buku di perpustakaan. (antara)

Covesia.com-Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasaman, Antoni meminta generasi muda di daerah itu memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran dan tempat menimba ilmu pengetahuan.

"Perpustakaan itu gudang ilmu. Dengan banyak membaca, semakin banyak ilmu didapat. Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar. Apalagi generasi muda, mestinya banyak membaca,"kata Antoni,  Kamis (9/8/2018).

Menurut Antoni, keberadaan perpustakaan akan memperluas wawasan dari para peserta didik (pelajar). Selain itu dengan perpustakaan, pelajar lebih mudah mengumpulkan informasi tentang berbagai macam disiplin ilmu.

"Koleksi buku di Perpustakaan daerah sudah mencapai 9.890 judul dan 21.217 eksemplar. Itu terdiri dari, karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, bahasa, ilmu murni, ilmu terapan, kesenian olahraga, fiksi/sastra, geografi dan sejarah. Koleksi terbanyak adalah klasifikasi sastra atau fiksi sebanyak 2.226 judul. Disusul, agama dan ilmu terapan sebanyak 1.729 dan 1.542 judul juga ilmu sosial sebanyak 1.110 judul," katanya.

Selain memiliki perpustakaan daerah, Antoni menyebutkan di daerah tersebut sudah tersedia cukup banyak perpustakaan maupun rumah baca yang tersebar di tengah-tengah masyarakat.

"Selain perpustakaan yang ada di sekolah, pada setiap nagari di Pasaman juga sudah tersedia perpustakaan nagari serta taman baca," tutupnya.

(Her/jon)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga