KPU Bukittinggi Susun Penetapan DCS Bacaleg

KPU Bukittinggi Susun Penetapan DCS Bacaleg Ketua KPU Bukittinggi Benny Aziz. (Debi Kurnia/ Covesia.com)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi Sumatera Barat tengah melakukan tahapan penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS)  bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg) Kota Bukittinggi pada pemilu 2019.

"Tahapan yang saat ini kita lakukan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI nomor 5 tahun 2018, "kata Ketua KPU Bukittinggi Benny Aziz, Kamis (9/8/2018)

Dikatakan Benny aziz bahwa sebelumnya seluruh bacaleg yang telah di daftarkan masing-masing Partai Politik (parpol) sudah mengikuti tahapan verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota anggota DPRD Kota Bukittinggi pada 1 hingga 7 Agustus 2018 lalu.

“Dari 15 Partai Politik peserta pemilu legislatif tercatat 327 bacaleg yang didaftarkan yang terbagi pada tiga Daerah Pemilihan (Dapil), yaitu Mandiangin Koto Salayan, Guguak Panjang, dan Aur Birugo Tigo Baleh, ”ungkapnya.

Ia menjelaskan pada tahapan verifikasi perbaikan daftar calon lalu terdapat 14 penggantian nama bacaleg yakni 1 orang bacaleg dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), 2 orang bacaleg dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), 1 orang Bacaleg dari Partai Berkarya.

Selanjutnya, 1 orang Bacaleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), 2 orang Bacaleg dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), 1 orang Bacaleg dari Partai Demokrat, serta 6 orang Bacaleg dari Partai Bulan Bintang (PBB).

“Dalam penggantian Bacaleg itu, bagi Bacaleg yang diganti itu laki-laki dapat digantikan oleh Bacaleg laki-laki atau perempuan, sementara bagi Bacaleg yang diganti itu perempuan, penggantinya juga harus perempuan,” paparnya.

Disebutkan bahwa 14 bacaleg yang diganti itu keseluruhannya telah di verifikasi kembali oleh KPU Kota Bukittinggi dengan memperharikan syarat 30 persen minimal untuk keterwakilan Bacaleg perempuan.

“Penggantian 14 bacaleg itu disesuaikan dengan peraturan dan perundangan yang berlaku sedangkan untuk tahapan penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kota Bukittinggi ini akan diumumkan pada tanggal 12 Agustus 2018 mendatang, serta dilanjutkan dengan tahap masukan dan tanggapan masyarakat,” tutupnya.

(deb/jon)

Berita Terkait

Baca Juga