Delapan Bacaleg di Pessel Tak Penuhi Syarat Verifikasi

Delapan Bacaleg di Pessel Tak Penuhi Syarat Verifikasi Ilustrasi- (antara)

Covesia.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan Sumatera Barat (Sumbar) Epaldi Bahar menyatakan ada delapan bakal calon legislatif (Bacaleg) yang tidak memenuhi syarat verifikasi di KPU setempat.

"Delapan calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarata telah melalui proses verifikasi. Sebab, para calon tidak melengkapi persyratan administrasi hingga hari terakhir pengembalian berkas yang telah diperbaiki pada 31 Juli 2018 lalu,"kata dia kepada Covesia.com Kamis (9/8/2018)

Ia menjelaskan, KPU Pessel menyerahkan hasil verifikasi pendaftaran bacaleg kepada 15 Partai Politik peserta Pemilu Legislatif 2019, Rabu (8/8).

"Penyerahan hasil verifikasi tersebut dihadiri oleh masing-masing 1 orang utusan parpol, Pihak Kepolisian dan Bawaslu,"ulasnya

Menurut dia, proses verifikasi yang  dilaksanakan selama 7 (Tujuh) hari Semenjak 1-7 Agustus 2018 tersebut, ditetapkan sebanyak 615 orang bakal calon Memenuhi Syarat (MS) dan terdapat 8 bakal calon legislatif yang tidak memenuhi syarat.

"Delapan calon yang tidak melengkapi syarat dari Partai Gerindra 1 bacaleg, Partai Berkarya 2 bacaleg, Partai Demokrat 2 bakal calon dan Partai Bulan Bintang sebanyak 3 Bakal Calon,"terangnya

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa pihak KPU telah memberikan tenggang waktu kepada bacaleg. Namun, hingga hari terakhir pengembalian perbaikan berkas pada 31 Juli 2018 silam, belum dapat melengkapi persyaratan administrassi calon DPRD.

Sementara itu, sebanyak 615 bakal calon yang memenuhi syarat (MS), selanjutnya akan disusun dan dimasukkan ke dalam daftar calon sementara (DCS) yang akan di umumkan pada 12 hingga 14 Agustus 2018 Mendatang.Setelah ini kami akan menyusun DCS dan akan diumumkan pada 12 hingga 14 Agustus 2018.

"Dari seluruh Bakal Calon yang didaftarkan oleh 15 parpol Peserta pemili 2019 di Pesisir Selatan, tidak ditemukan satu pun bakal calon yang mantan narapidana,"pungkasnya

Kontributor Pessel: Indra Yen Putra

 

 

 

Berita Terkait

Baca Juga