Maraknya Curnak, Kapolres Pariaman Imbau Warga Lebih Waspada

Maraknya Curnak Kapolres Pariaman Imbau Warga Lebih Waspada Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pariaman AKBP Andry Kurniawan, saat kunjungan kerja ke Polsek Sungai Limau, Kamis (9/8/2018)(Foto: Rozi)

Covesia.com - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pariaman AKBP Andry Kurniawan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Pariaman.

"Keamanan dan ketertiban tidak akan mampu dicapai, apabila tidak didukung oleh peran aktif tokoh adat, tokoh masyarakat, alim ulama dan cadiak pandai," ujarnya usai kunjungan kerja ke Polsek Sungai Limau, Kamis (9/8/2018).

Ia mengatakan, kepolisian terus berbenah dan terbuka kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat sebagaimana program Nawacita Presiden RI serta program Promoter Kapolri.

Menurutnya, anggota polri merupakan representasi negara yang harus benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat dan kehadirannya itu dapat dirasakan serta memberikan kontribusi yg positif bagi masyarakat.

Ia menyampaikan potensi kerawanan yang perlu diantisipasi masyarakat salah satunya adalah meningkatnya permintaan hewan kurban pada hari raya Idul Adha yang sebentar lagi akan datang. Dimana hal tersebut kerap dimanfaatkan oleh komplotan penjahat untuk melakukan pencurian ternak. 

"Begitu pula dengan kerawanan kejahatan lainnya yang perlu diantisipasi dan perlu kita waspadai dengan melakukan ronda, khususnya pada jam-jam rawan atau malam hari," jelasnya.

Kemudian, katanya, dengan langkah antisipasi ini, pelaku kejahatan mungkin akan berfikir ulang untuk melakukan tindakan kejahatan.

Salah seorang pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Padang Pariaman, Abdulgani Arif Dt. Rangkayo Mudo menyampaikan bahwa elemen masyarakat harus bekerjasama dalam penindak kejahatan dan kriminal lainnya.

"Saat ini kami menganggap polisi di Polsek setempat adalah polisi niniak mamak yang bisa mengayomi kemanakannya di wilayah hukum polres pariaman," ujanya.

Ia menegaskan bahwa seluruh elemen masyarakat menyatakan siap untuk mendukung tugas kepolisian Polres Pariaman.

(ozi)

Berita Terkait

Baca Juga