Pertama di Indonesia, Payakumbuh Awasi Kerja ASN dengan Aplikasi ini

Pertama di Indonesia Payakumbuh Awasi Kerja ASN dengan Aplikasi ini Sumber foto: apkpure.com

Covesia.com - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemko Payakumbuh meluncurkan Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Elektronik (E-SPPD). Aplikasi ini guna mengawasi dan mengatur seluruh pekerjaan ASN dalam perjalanan dinas, termasuk perihal keuangan. 

Aplikasi E-SPPD yagn diluncurkan kemarin, juga disambut oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dengan terbitnya Perwako no 62 tahun 2018 tentang Perjalanan Dinas Para ASN.

"Melalui aplikasi, seluruh ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh harus mendaftarkan kegiatannya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dinas," kata Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz. 

Pendaftaran juga harus sesuai dengan program Musrembang Pemko Payakumbuh yang dibagikan ke setiap Kesekretariatan, OPD, Kecamatan, maupun Kelurahan. 

Jika pengajuan kegiatan melenceng dari program, aplikasi secara otomatis akan menolak pengajuan. 

Termasuk perihal biaya yang dibutuhkan dalam perjalanan dinas, diatur otomatis sesuai DPA kegiatan yang sebelumnya disetujui oleh DPRD Kota Payakumbuh.

"Aplikasi sudah diluncurkan dan langsung diterapkan oleh Dinas Perhubungan. Dalam waktu dekat seluruh OPD dan Sekretariat sudah harus menggunakan aplikasi ini," kata Erwin.

Erwin menuturkan, sederhananya aplikasi bisa menghindari adanya SPJ fiktif dan 'mark up' kegiatan.

"Jadi ASN nakal sudah susah untuk memanipulasi anggaran. Semuanya sudah diatur oleh aplikasi. Termasuk mempermudah saya untuk mengevaluasi kinerja ASN, mana OPD yang pemalas, bisa segera diketahui," kata Erwin.

Kabid E-Goverment Diskominfo, Armein Putra menyebutkan Pemko Payakumbuh yang pertama kali menciptakan dan menggunakan aplikasi dalam mengatur perjalanan dinas ASN. 

Jika berhasil menekan kenakalan ASN, beberapa Pemko dan Pemkab di Indonesia bisa menggunakan aplikasi ini.

"Aplikasi ini kami yang buat dan pertama kali di Indonesia yang mengatur maupun mengawasi perjalanan dinas ASN. Jika berhasil, Pemda lain juga bisa menggunakan aplikasi ini," Kata Armein.

Kontributor Payakumbuh : Hajrafiv Satya Nugraha


Berita Terkait

Baca Juga