Kolam Penampungan Limbah PT BSS di Agam Jebol, Puluhan Hektar Sawah Rusak

Kolam Penampungan Limbah  PT BSS di Agam Jebol Puluhan Hektar Sawah Rusak Tampak satu kolam penampungan limbah PT Bukit Sawit Semesta (BSS) di nagari Manggopoh, kecamatan Lubuk Basung, kabupaten Agam, Senin (6/8/2018)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Tingginya curah hujan yang melanda sebagian wilayah dikabupaten Agam membuat satu kolam penampungan limbah PT Bukit Sawit Semesta (BSS) di nagari Manggopoh, kecamatan Lubuk Basung, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumb) jebol. peristiwa tersebut terjadi , Senin, (6/8/2018) sekitar pukul 17.00 Wib.

Walinagari Manggopoh, Ridwan Caniago mengatakan, kolam yang berukuran  202  x 29 M dengan kedalaman genangan air 4 M tersebut mengalami rusak berat di salah satu sisi mengakibatkan limbah sawit yang menggenangi kolam melanda dan merusak area persawahan masyarakat di daerah itu.

"Diperkirakan lebih kurang 32.000 M kubik limbah melanda area persawahan dan merusak tanaman padi masyarakat lebih kurang seluas 64 hektar, " ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Senin malam.

Selain itu, ribuan ikan yang berada di sungai Batang Antokan juga mengapung akibat terkena air limbah sawit.

"Kita sudah memantau lokasi, dan mengadakan musyawarah dengan pihak pengelola PT BSS dan juga melibatkan masyarakat, pemerintah daerah dan nagari," lanjutnya.

Dari hasil keputusan rapat, pihak PT BSS akan mematikan saluran air limbah kekolam penampungan yang rusak sementara itu dilakukan perbaikan secepat mungkin.

Mengenai dampak yang ditimbulkan oleh musibah itu,  besok pihaknya akan melakukan pendataan dengan melibatkan semua unsur.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga