Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha, Toke Cari Sapi Hingga ke Daerah

Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha Toke Cari Sapi Hingga ke Daerah Sapi kurbn yang sdang di gembalakan oleh toke aspi kurban di Padang (Foto: Covesia/Fadil Mz)

Covesia.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, sejumlah toke sapi di Kota Padang kewalahan dalam memenuhi permintaan hewan kurban oleh warga yang hendak melaksanakan ibadah kurban.

Salah seorang toke sapi di Kota Padang, Ain mengungkapkan banyak permintaan sapi untuk ibadah kurban oleh masyarakat, kejadian ini tidak hanya terjadi di Kota Padang saja melainkan juga terjadi di Padang Panjang dan Kota Bukittinggi.

"Untuk kurban biasanya disediakan oleh pengurus Masjid dan Mushalla dan ini sudah dipesan jauh-jauh hari sesuai dengan jumlah kelompok yang terdaftar," ujar Ain saat ditemui di kawasan Belanti, Kota Padang, Senin (6/8/2018).

Kata Ain, saat ini terdapat 71 ekor sapi yang digembalakan untuk memenuhi kebutuhan ibadah kurban nantinya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut ia mendatangkan sapi dari daerah Pesisir Selatan sebanyak 23 ekor sapi.

"Saat ini ada sekitar 94 ekor sapi yang sudah memenuhi kriteria untuk dijadikan kurban," sebutnya. 

Sebelumnya, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah mengungkapkan untuk mencukupi kebutuhan stok sapi di Kota Padang pemerintah telah menyiapkan sebanyak 20 ribu ekor sapi yang telah memenuhi kriteria untuk kurban.

"Ada 20.000 ekor sapi jantan siap potong. Pemerintah juga menjamin keamanan, kesehatan dan kualitas sapi kurban yang pantas dinikmati masyarakat, dan masyarakat tidak perlu cemas dengan ketersediaan hewan kurban tersebut," ujar Mahyeldi.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga