Perpanjangan Tangan Petugas, Dinas Damkar Padangpariaman Rekrut Balakar

Perpanjangan Tangan Petugas Dinas Damkar Padangpariaman Rekrut Balakar Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Padangpariaman, Rianto

Covesia.com - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Padangpariaman, Sumatera Barat, dalam bulan ini akan merekrut Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) untuk perpanjangan tangan di sepuluh kecamatan di daerah itu.

"Balakar yang direkrut itu nantinya bertugas untuk mengomandoi masyarakat ketika kebakaran agar api tidak menyebar ke bangunan lainnya," kata Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Padangpariaman, Rianto, Senin (6/8/2018).

Ia mengatakan ada sebanyak 10 kecamatan balakar yang direktur itu masing-masingnya per regu sebanyak 6-8 orang.

"Setidaknya ketika terjadi kebakaran anggota balakar itu sudah siap menunggu pihak pemadam untuk memadamkan api," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, guna balakar tidak hanya itu, namun juga sebagai memberikan informasi yang bersifat tidak hoax atas adanya informasi kebakaran dari berbagai sumber dari daerah terkait.

"Jika adanya kebakaran, maka pihak balakar juga lebih dulu memberian informasi kepada pemadam kebaran, sehingga petugas langsung saja pergi kelokasi tanpa adanya keraguan dan sasaran yang tepat," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, surat keputusan balakar akan ditandatangi, sehingga anggota balakar sudah bisa diberi materi dalam pelatihan dan langsung siap untuk membantu petugas pemadam kebakaran.

Ia menyampaikan, akan mengupayakan dalam bentuk apresiasi kepada anggota balakar nantinya sebagai tanda bekerjasama membantu petugas.

"Apresiasi itu bisa berbentuk insentif atau berupa bantuan, namun itu akan kita usahakan," tutupnya.

Sementara itu, Kadis Satpol PP dan Damkar juga menyampaikan sepanjang tahun 2017 ada sebanyak 101 kasus kebakaran di Padangpariaman dengan penyebab yang menonjol yakni akibat arus pendek.

Sedangkan di tahun 2018 sampai Juni ada sudah ada 72 kasus kebakaran, baik itu kebakaran bangunan maupun lahan masyarakat.

(ozi)

Berita Terkait

Baca Juga