Tingginya Permintaan Hewan Kurban, Pedagang Ternak di Agam Pasok dari Luar Daerah

Tingginya Permintaan Hewan Kurban Pedagang Ternak di Agam Pasok dari Luar Daerah (Foto: Covesia/Johan)

Covesia.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, 1439 Hijriah, harga ternak di sejumlah pasar ternak di kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mulai merangkak naik.

Salah seorang pedagang ternak di kecamatan Lubuk Basung, Sidi Marajo, Senin (6/8/2018) mengatakan, kenaikan harga ternak telah terjadi sepekan terakhir, dengan berkisar harga Rp 1 juta hingga 3 juta per ekornya untuk sapi dan Rp 500 ribu hingga 1 Juta untuk kambing.

Hal senada juga diungkapkan Afriyadi  pedagang ternak di kecamatan Kamang Magek, setidaknya minggu terakhir 45 ekor sapi sudah dipesan masyarakat yang ingin berkurban.

Diakui Afriyadi, tinggi  permintaan tersebut membuat para pedagang harus berburu ternak ke daerah lain seperti Payakumbuh dan Batu Sangkar. 

“setiap hari Kamis saya pergi ke pasar ternak Sungai Cubadak di Batu Sangkar dan hari Minggu ke Payakumbuh,“ lanjutnya.

Untuk hewan ternak ia membeli dari segala usia dan ukuran, namun untuk hewan qurban akan diseleksi secara ketat baik dari segi kesehatan, usia serta postur tubuh. 

“Untuk qurban harus memenuhi beberapa persyaratan, jadi kita menawarkan beberapa hewan kepada para calon pembeli, jika suka langsung membahas masalah harga,“ terangnya.

Sementara itu PLT Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distan) Agam Arif Restu melalui Kasi Kesmavet, Iswan Hendri, menjelaskan, kenaikan harga menjelang hari raya Idul Adha tersebut masih tergolong wajar dan masih dalam kendali. Hal tersebut dikarenakan banyaknya permintaan masyarakat untuk berkurban.

Untuk Idul Adha tahun ini, Distan Agam, memprediksi permintaan hewan kurban mencapai 5.293 ekor atau naik 1,% persen dari tahun sebelumnya yaitu sebanyak 5.155 ekor.

“5.293 ekor hewan ternak itu terdiri dari sapi sebanyak 5.004 ekor dan kambing 289 ekor, Untuk menyiasati mahalnya harga hewan ternak, biasanya masyarakat sudah memesan  hewan kurban pada  jauh-jauh hari,“ tutupnya.

(han/don)


 

Berita Terkait

Baca Juga