Curah Hujan Tinggi di Agam, Jalur Cacang Randah - Bukik Malintang Kembali Putus

Curah Hujan Tinggi di Agam Jalur Cacang Randah  Bukik Malintang Kembali Putus Tampak jalur Cacang Randah - Bukik Malintang yang kembali Putus, Minggu (5/8/2018)(Foto: BPBD Agam)

Covesia.com - Tingginya curah hujan yang melanda di sebagian wilayah kabupaten Agam, dari Sabtu kemarin hingga, Minggu (5/8 2018) mengakibatkan jalan penghubung antara Cacang Randah dengan Bukit Malintang, nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara, kabupaten Agam Sumatera Barat (Sumbar) kembali putus.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Agam, M Luthfi melalui Unit Pusdal Ops, Lukman Syahputra mengatakan, putusnya penghubung ke Bukik Malintang itu terjadi sekitar pukul 08.00 Wib pagi ini, Minggu.

"Penyebab jalan kembali putus karena lokasi tersebut merupakan pertemuan 2 jalur mata air Durian Dadiah dan anak air Balai Baiak. Tingginya debit air mengakibatkan sungai meluap dan mengikis badan jalan, " ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Tidak hanya itu lanjut Lukman, penyempitan aliran bandar irigasi  batang anak aia Kerinci juga menjadi salah satunya penyebabnya. Tingginya curah hujan tidak mampu ditampung kali sehingga meluap ke sawah warga.

"Saat ini BPBD Agam, pemerintah kecamatan dan nagari sudah meninjau lokasi, dan menyusun upaya penanggulangan," lanjutnya.

Putusnya jalan menuju Bukik malintang tersebut sudah yang ketiga kalinya dalam tahun 2018, sebelumnya juga  sudah putus total pada bulan Mai dan Juli namun cepat di tanggulangi dan di buatkan jalan darurat.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga