Polisi Amankan Tersangka Penculikan Anak di Pariaman

Polisi Amankan Tersangka Penculikan Anak di Pariaman Foto: Covesia/ Rozi Yardinal

Covesia.com - Kepolisian Resor (Polres) Pariaman amankan H (30) tersangka penculikan anak dibawah umur yang sedang berada di Dermaga Gandoriyah bersama korban inisial P (5).

"Tersangka H diamankan Jumat (20/7/2018) sekitar pukul 16.00 WIB," kata Kepala Kepolisian Resor Pariaman, AKBP Andry Kurniawan di Mapolres, Sabtu (21/7/2018).

Ia mengatakan, penangkapan berawal dari adanya kecurigaan seorang saksi yang sedang duduk di Dermaga Gandoriyah melihat kejanggalan ada anak kecil yang digendong tersangka.

Dari kecurigaan tersebut, saksi langsung menghampiri dan langsung menanyakan kepada anak siapa lelaki itu. Korban menjawab bahwa tersangka adalah Om nya. Kemudian saksi juga menanyakan tersangka siapa anak yang dibawanya itu, namun tersangka mengaku kalau anak itu adalah anaknya.

"Jadi dengan kejanggalan itu, saksi langsung menghubungi Dinas Sosial Kota Pariaman. Pihak dinas pun langsung membawanya ke Polres Pariaman," ujarnya.

Ia mengatakan, anak itu diketahui adalah korban dari penculikan tersangka dengan TKP di Metro Tanah Abang Jakarta.

"Dari keterangan sementara bahwa ini murni penculikan, belum ada terindikasi adanya perdagangan ke arah eksploitasi anak. Namun akan tetap dilakukan penyelidikan lebih dalam," jelasnya.

Selanjutnya, menurut keterangan tersangka bahwa ia berangkat dari Tanah Abang Jakarta menuju Pariaman menggunakan bus hari Minggu (15/7/2018) dan sampai di Pariaman Selasa (17/7/2018).

"Tersangka selama kurang lebih tiga hari di Pariaman dan tidak diketahui dimana tinggalnya," ungkap Kapolres.

Kemudian, dari pengakuan tersangka bahwa ia adalah residivis tahun 2011 dengan kasus yang sama yaitu melarikan anak dibawah umur.

Tersangka dikenakan Pasal 83 Undang-undang No 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Selanjutnya, kata dia, pihak Reskrim Pariaman sudah mengubungi Polres Tanah Abang untuk memberitahukan kasus penculikan anak. Pihaknya juga langsung datang ke Pariaman menjemput tersangka dan korban hari ini," tutupnya.

Reporter Pariaman: Rozi Yardinal

Berita Terkait

Baca Juga