Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman Masih Kekurangan 37 Penyuluh

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman Masih Kekurangan 37 Penyuluh Ilustrasi PPL/net

Covesia.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman menyampaikan adanya kekurangan 37 tenaga penyuluh dari 113 orang yang dibutuhkan ditahun ini.

"Ada sebanyak 76 orang penyuluh yang ada sekarang, sudah termasuk petugas yang ada di dinas," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman, Yurisman Yakub di Padang Pariaman, Selasa (17/7/2018).

Ia mengatakan, diantaranya ada 12 petugas yang pensiun di tahun 2018, sehingga banyak kekosongan dan membutuhkan tenaga penyuluh lagi.

Menurutnya, seharusnya satu nagari dibina oleh satu penyuluh pertanian sehingga kebutuhan tenaga penyuluh pertanian di Padang Pariaman sebanyak 103 orang di setiap nagari.

"Tahun lalu kami mendapatkan penambahan tenaga penyuluh namun jumlahnya tidak memadai kebutuhan yang diharapkan," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, penyuluh berguna untuk memberikan bimbingan kepada petani tentang penggunaan alat mesin pertanian modren, pemberian pupuk, peningkatan produksi, dan pengendalian hama tanaman

Ia berharap adanya penambahan tenaga penyuluh pertanian di daerah itu sehingga dapat meningkatkan produksi komoditas pertanian.

Reporter Padang Pariaman: Rozi Yardinal

Berita Terkait

Baca Juga