TMMD Kodim 0305/Pasaman Lakukan Pengobatan Gratis pada Masyarakat

TMMD Kodim 0305Pasaman Lakukan Pengobatan Gratis pada Masyarakat Posko TMMD Kodim 0305/Pasaman Lakukan Pengobatan Gratis pada masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat (Foto:Ist)

Covesia.com - Personil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 Kodim 0305/Pasaman, Sumatera Barat, membuka posko kesehatan untuk meberikan pengobatan gratis bagi masyarakat di Jorong Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat, Sabtu (14/07/2018).

Salah seorang petugas kesehatan, Serma R. Ariyanto mengatakan bahwa pengobatan gratis itu sudah termasuk bagian dari program TMMD yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat setempat secara cuma-cuma.

"Pengobatan gratis Ini sudah termasuk bagian dari program TMMD. Sampai saat ini sudah ratusan masyarakat yang kami layani. Biasanya penyakit yang kami obati mayoritas sakit ringan seperti flu, pilek, dan demam. Target kami agar masyarakat disini yang sakit semua sehat kembali sedia kala," ucap Ariyanto.

Serma R. Ariyanto mengatakan dalam kegiatan itu pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pasaman Barat.

"Karena tenaga medis kami juga terbatas, makanya kami juga bekerjasama dengan Dinkes Pasbar. Begitupun dengan penyakit yang menengah sampai berat, pasien akan kami rujuk ke RSUD Jambak. Sebab, fasilitas medis kami juga sangat terbatas," tukasnya.

Sementara salah seorang warga setempat, Yuliasni (50) yang berobat di Posko kesehatan TMMD mengaku bahwa program tersebut sangat membantu masyarakat.

"Selama ini kalau kami sakit berobat ke Puskesmas dengan jarak yang sangat jauh dan membutuhkan biaya transportasi. Tetapi dengan kehadiran posko kesehatan TMMD ini, kami dapat mengecek dan berobat secara gratis. Kami sangat merasa terbantu sekali," ungkap Yuliasni.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga