KPUD Pessel Imbau Parpol Segera Daftarkan Bacalegnya

KPUD Pessel Imbau Parpol Segera Daftarkan Bacalegnya Ilustrasi Parpol (Dok: KPUD Pessel)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menghimbau Partai Politik untuk segera mendaftarkan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg). Hal itu di karena hingga saat ini belum stu pun Parpol yang mendaftarkan Bacalenya di KPU daerah tersebut, sedangkan pendaftaran telah dibuka lebih dari seminggu, tetaptnya tanggal 4 Juli kemaren.

"Sejak dibuka tanggal 4 Juli 2018 lalu, sampai hari ke 10 ini belum juga ada yang mendaftar. Jadi mengingat hari yang tersisa, kita menginginkan, besok sudah ada yang mendaftar," sebut Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar kepada Covesia.com Jumat (13/07/2018).

Ia menambahkan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui pasti penyebab parpol belum mendaftarkan Bacalenya. Sebab, sudah 10 hari dibukanya pendaftaran masing-masing Parpol belum ada yang koordinasi terkait kendala pencalonan.

"Sama-sama kita tanya dulu ke Parpol. Apa yang menjadi kendalanya. Sebab kami belum bisa malihat perkembangan dari pengisian data Silon Parpol sebab masing-masing Parpol karena belum ada yang selesai," terangnya.

Lanjutnya, ia mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu 2019, agar segera memulai pendaftaran. Sebab, jika setiap Parpol kompak sekaligus mendaftar di ujung-ujung jadwal pendaftaran akan membuat suasanan KPU suasana sesak.

"Kita berharap besok sudah ada yang mandaftar, biar tidak membuat suasana pendafatran lebih sesak di akhir-akhir pendaftaran," jelasnya.

Pada Pemilu 2019 mendatang, sebanyak 16 Parpol terdaftar ke KPU Pessel, diantaranya adalah Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI-P, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, PBB, PKPI, Berkarya, PSI, Perindo dan Garuda.

Dari pantauan Covesia terdapat 720 Bacaleg dari 16 Parpol di daerah tersebut, dengan memperebutkan 45 kursi di DPRD Pessel.

Reporter Pessel: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga