Kapolres Pessel: Baru 400 SKCK yang Keluar dari 720 Bacaleg Pessel

Kapolres Pessel Baru 400 SKCK yang Keluar dari 720 Bacaleg Pessel Kapolres Pessel, AKBP Ferry Herlambang (Foto: Covesia/Indra Yen)

Covesia.com - Selama proses pengurusan pendaftaran Bakal Calon Legislatif, Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) baru mengeluarkan sebanyak 400 surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari 720 Bacaleg yang terdaftar di KPU Pessel.

Hal itu di katakan Kapolres Pesisir Selatan, AKBP. Ferry Herlambang, dimana jumlah SKCK yang sudah dikeluarkan sampai hari ke 10 pendaftaran Bacaleg di KPU masih baru 400 yang dikeluarkan dari 720 Bacaleg yang terdata dari KPU.

"Sampai hari ini, yang sudah kita terbitkan khusus untuk Caleg baru mencapai 400 SKCK. Sesuai kebutuhan dari data Intelkam kita, itu semua sebanyak 720 SKCK, dan saat ini kita masih menerimanya," sebut Ferry saat di temui Covesia.com, Jumat (13/07/2018).

Menurutnya, sejak tahap awal pendaftaran di buka KPU, kebutuhan SKCK yang diterbitkan jauh lebih meningkat. Perbandingannya, dari hari biasa mencapai ratusan peserta sehari.

"Biasanya peserta sehari, hanya sampai  10 sampai 20 orang. Untuk kebutuhan pencalonan ini sejak buka pendaftaran sampai lima puluh hingga ratusan orang perhari," terangnya.

Tambahnya, untuk pelayanan SKCK Bacaleg tidak ada pelayanan khusus. Namun, bedanya kebutuhan pengesahan SKCK Bacaleg di Polres Pessel langsung di tandatangani Kapolres. 

"Bedanya cuma itu, SKCK untuk Bacaleg langsung saya (Kapolres) yang menandatangani. Dan pesyararatan yang lainnya, tetap sama dengan peserta umum," jelasnya

Lanjutnya Kapolres, untuk menerima layanan penerbitan SKCK, Polres Pessel tidak ada memberikan jadwal khusus untuk para Bacaleg. Pelayanan SKCK tetap diberikan sama, walaupun usai masa tahapan pendaftaran jika masih ada Caleg yang mengurus SKCK, jika memenuhi pesyararatan Polres Pessel akan tetap mengeluarkan.

"Kalau untuk pelayanan termasuk persyaratan tetap sama dengan peserta umum. Bedanya yang untuk Bacaleg pengesahanya langsung Kapolres, kalau untuk yang lain kita buka setiap hari jam kerja," tutupnya.

Reporter Pessel: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga