Alat Peraga Kampanye Pileg Diturunkan di Kota Padang

Alat Peraga Kampanye Pileg Diturunkan di Kota Padang Foto:Covesia/Primadoni

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padang lakukan penertipan alat peraga kampanye (APK) Pileg di sejumlah tempat di Kota Padang.

Divisi Hukum Panwaslu Kota Padang, Yunasti Helmy mengungkapkan, Panwaslu sudah merekomendasikan kepada KPU Kota Padang tentang APK yang melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Peraturan KPU (PKPU) terkait.

"Bentuk tindak lanjut KPU atas rekomendasi Panwaslu diadakan oleh KPU pembersihan APK Pileg bersama stakeholder terkait," ujar Yunasti kepada Covesia.com, Jumat (13/7/2018).

Kata Yunasti, kegiatan penurunan APK dilakukan di pusat kota, sebelumnya dua regu telah melakukan pembersihan di jalur utara dan selatan, "besok akan dilanjutkan pembersihan APK arah Bungus, Teluk Kabung," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa APK yang diturunkan tersebut berisikan nomor urut partai dan logo partai dan kalau pun ada APK yang tidak menggunakan nomor urut partai dan logo partai maka tidak ada wewenang untuk menurunkannya.

"Jadi kalaupun ingin memasang baliho, Parpol tidak boleh memasang nomor urut partai dan logo partai," ujarnya. 

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga