2019, Pemda Mentawai akan Bangun Embung Air Hujan untuk Aliri Sawah di Mapaddegat

2019 Pemda Mentawai akan Bangun Embung Air Hujan untuk Aliri Sawah di Mapaddegat Ilustrasi Sawah, Doc.Covesia

Covesia.com - Sawah Mapaddegat yang menjadi lokasi tanam bersama padi pada kamis (12/07/2018 ), selama ini sistem irigasinya hanya mengandalkan tadah hujan sehingga sawah kurang terairi.

Saat ditanyai mengenai solusi pengirigasian sawah tersebut Kadis Pertanian, peternakan, dan perkebunan Mentawai, Novriadi mengatakan “pada tahun 2019 pemerintah daerah akan memberikan bantuan dalam bentuk pembangunan embung di sawah Mapaddegat yaitu semacam kolam besar untuk menampung air hujan yang nantinya dialirkan ke sawah,“ ungkapnya.

Sementara Pemda setempat melalui dinas Pertanian, peternakan dan perkebunan telah memberikan bantuan pada para petani sawah Mapaddegat berupa benih padi bersertifikat, satu hand traktor yang nantinya akan ditambah lagi paddy huller (mesin perontok padi).

“Saat ini sawah di Mapaddegat yang memiliki luas sekitar 20 ha belum memiliki demplot (demonstration plot) yang menjadi percontohan bagi para petani di sini, namun nantinya setiap hamparan sawah Mapaddegat akan dibuatkan demplotnya”, ujar Novriadi.

Tujuan pembuatan demplot, Novriadi katakan agar penggunaan teknologi pangan bisa meningkatkan produktivitas padi yang maksimal.

“Seperti halnya yang telah dilakukan di desa Sidomakmur, dimana sebelum adanya demplot hasil tanaman dari areal seluas 1,8 ha setelah  menggunakan teknologi dari pengolahan tanah, pemeliharaan, serta teknik panen menghasilkan 1,8 ton/ha padi namun itu belum maksimal, masih bisa ditingkatkan lagi”, terang Novriadi.

Ia menambahkan bahwa tahun ini Pemprov Sumbar sudah memberikan bantuan demplot padi di desa goiso oinan seluas 4 ha dan berharap nantinya dari hasil 2,4 ton meningkat menjadi 5 ton.

Dalam Upaya Khusus Ketahanan Pangan bumi Sikerei, Pemerintah terkait bergandengan tangan bersama unsur TNI AD dari kodim 0319 Mentawai hingga babinsa yang ada di tiap kecamatan dan desa  demi peningkatan produksi padi dan kedelai.

Dengan adanya kegiatan tanam padi bersama pemerintah setiap bulannya, Novriadi berharap hal tersebut bisa memotivasi para petani dengan menerapkan teknologi budidaya tanam padi mampu mewujudkan swasembada pangan bumi sikerei.

Kontributor Mentawai: Septin Rahayu



 

Berita Terkait

Baca Juga