Hari Kesembilan Pendaftaran, Parpol Masih Sibuk Input Data Bacaleg di Silon

Hari Kesembilan Pendaftaran Parpol Masih Sibuk Input Data Bacaleg di Silon Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Hingga hari kesembilan masa pendaftaran bakal calon legislatif (DPR dan DPD) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, belum ada satupun partai politik peserta Pemilu 2019 yang menyerahkan secara langsung nama-nama bakal calon legislatifnya.

Padahal batas akhir pendaftaran Bacaleg tinggal lima hari lagi semenjak dibuka tanggal 04 Juli 2018 kemarin.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Pasaman, Sarifuddin mengaku saat ini pihaknya masih disibukkan dengan pengentrian data Bacaleg ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang disediakan oleh KPU.

"Saat ini kami masih di sibukkan dengan entri data bacaleg ke apliakasi Silon. Karena seluruh berkas bacaleg harus sudah dientri dulu ke Silon, sebelum kemudian kami daftarkan ke KPU Pasaman. Sementara data bacaleg ini banyak yang membutuhkan waktu lama. Inilah yang membuat kami agak lama mendaftar ke KPU," ujar Sarifuddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Pasaman, Syahrizal Yusuf yang mengaku kewalahan dengan sistem Silon yang sering bermasalah.

"Sampai saat ini kami masih fokus menyelesaikan entri data bacaleg ke aplikasi Silon secara Online. Namun kami sangat kewalahan dengan sering bermasalahnya jaringan Silon ini. Sementara waktu pendaftaran sudah sangat terbatas. Tetapi secepatnya akan kami tuntaskan dan segera mendaftarkannya ke KPU Pasaman," tukas Syahrizal Yusuf.

Sebagaimana diketahui, masa pendaftaran bakal calon legislatif DPR sendiri telah dibuka pada 4 Juli silam dan berakhir 17 Juli mendatang. Selain DPR, KPU juga membuka pendaftaran untuk calon DPD mulai 9-11 Juli 2018.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga