Pemprov Sumbar Dukung Percepatan Pembangunan Sektor Pertanian di Mentawai

Pemprov Sumbar Dukung Percepatan Pembangunan Sektor Pertanian di Mentawai Foto: Istimewa

Covesia.com - Dalam rangka percepatan pembangunan sektor pertanian di Mentawai, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat lakukan tanam padi dengan teknologi jajar legowo, di sawah Mapaddegat Tuapejat kecamatan sipora utara, kamis (12/07/2018).

Dalam hal tersebut Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar, Candra turun langsung dalam aksi tanam padi bersama pemerintah daerah Mentawai setempat. 

“Gubernur Sumbar mengimbau untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal yang ada di 3 kabupaten wilayah Sumbar termasuk Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok selatan, dan Kabupaten pasaman barat. Kedatangan pemprov kali ini terkait rapat percepatan pembangunan di Mentawai serta memberi dukungan moril  kepada kadis Pertanian, peternakan dan perkebunan Mentawai di sektor pertanian. Secara prinsip kita bersama mendukung program Pemda setempat baik secara fisik maupun moral sehingga percepatan pembangunan ekonomi terdorong”, ujar Candra.

Ia menambahkan bahwa lahan sawah yang efektif dikelola di Mentawai baru sekitar 350 ha dari 1900 ha. Hal ini dikarenakan masyarakat yang bertani hanya untuk memenuhi kebutuhan pangannya saja dan belum terdorong untuk memproduksi padi dalam skala besar sehingga bisa dijual.

Candra menerangkan bahwa sistem tanam padi yang baik diterapkan saat ini yaitu dengan teknologi jajar legowo. Teknologi ini merupakan sistem penanaman padi sawah yang memiliki dua atau lebih baris tanaman padi dan satu baris kosong yang bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi padi. Selain itu penggunaan sistem jajar legowo dapat mengurangi serangan hama karena mendapatkan pencahayaan yang lebih banyak.

“Produktivitas Padi Sumbar tahun 2017 baru mencapai 2,5 ton dan tahun ini pemprov Sumbar targetkan panen padi bisa lebih maksimal hingga mencapai 5 ton lebih yang tentunya perlu dukungan semua pihak,” papar Candra.

Candra berharap produktivitas padi sawah di Mentawai meningkat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Mentawai.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kodim 0319 Mentawai, asisten 1 Seminar Siritoitet, Polri, TNI AL, petani, dan mahasiswa Unand.

Kontributor Mentawai: Septin Rahayu


Berita Terkait

Baca Juga