Jumlah DPS Sumbar Meningkat, KPU Optimis Partisipasi Pemilih di Atas 70 Persen

Jumlah DPS Sumbar Meningkat KPU Optimis Partisipasi Pemilih di Atas 70 Persen Foto: M Fadli MZ/covesia

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan sebanyak 3.611.395 pemilih yang masuk daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2019 mendatang.

"Untuk daftar pemilih mengalami peningkatan dibandingkan dengan DPT pada saat Pemilu dan Pilgub periode sebelumnya yang hanya sekitar 3,4 juta pemilih," ujar Komisioner KPU Sumbar Indra Nova saat sosialisasi pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih Pemilu 2019 di Padang, Rabu, (11/7/2018)

Dikatakannya, saat ini sudah masuk pada tahap perbaikan DPS hingga 21 Juli mendatang, "Tentunya kita berharap seluruh masyarakat memperhatikan datanya, apakah mereka telah terdaftar atau tidak. Masyarakat bisa melihat data di aplikasi Sidalih," ujarnya 

Setelah pengumuman daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSPH),ujarnya, KPU juga menerima tanggapan masyarakat terkait data pemilih selama tujuh hari dari tanggal 23 Juli hingga 29 Juli mendatang.

Sementara itu, terkait dengan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, KPU Sumbar optimis jumlah partisipasi pemilih di atas 70 persen.

"Kita lihat partisipasi pemilih di empat kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 hanya Kota Padang yang jumlah partisipasi pemilihnya belum mencapai angka 70 persen, daerah selebihnya di atas 70 persen," ujarnya.

(fdl/lif)

Berita Terkait

Baca Juga