Akademi Komunitas Negeri Mentawai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Akademi Komunitas Negeri Mentawai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Ilustrasi (Foto: Antara)

Covesia.com - Politeknik Negeri Lampung melalui Program di luar domisili (PDD) Akademi Komunitas Negeri (AKN) Mentawai membuka pendaftaran mahasiswa baru yang telah dimulai sejak 2 juli 2018 hingga 18 agustus 2018 mendatang dengan kuota lebih kurang 100–150 orang.

“Untuk pendaftarannya masih secara manual dengan mendatangi langsung kampus AKN Mentawai yang beralamat di SP 3 Km.9 desa bukit pamewa kecamatan Sipora Utara. Jumlah pendaftar sampai saat ini baru berjumlah 6 orang.  “ujar Maranata Gulo staf administrasi AKN Mentawai saat dimintai keterangan pada selasa (10/07/2018).

Proses penerimaan calon mahasiswa melalui penyeleksian secara administrasi dan mengikuti ujian tulis serta tes wawancara yang diselenggarakan AKN Mentawai. Adapun ujian tulis terkait mata pelajaran matematika, biologi, bahasa indonesia, dan bahasa Ingggris.

Program Studi yang tersedia pada Akademi Komunitas Negeri Mentawai sendiri diantaranya D2 Budidaya Perikanan dan D2 Teknologi Pangan Selama 4 semester dengan hanya 7 ruang studi. Waktu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dari hari senin sampai sabtu dari jam 14.00 hingga 21.00 wib.

Adapun sistem pendidikan Akademi Komunitas Negeri Mentawai ini berbasis vokasi / skill based alias pendidikan kejuruan. Dengan perbandingan teori sebanyak 25-30% dan praktek 70-75%. Sarana dan prasarana yang tersedia untuk mendukung proses perkuliahan yakni  laboratorium, perpustakaan, hutchery, PPI, BBU, DUDI dan free wifi.  Sementara Dosen yang mengajar di AKN Mentawai sebanyak 40 orang yang terdiri dari dosen umum dan khusus.

Para stakeholder atau Pemerintah Daerah setempat berharap mahasiswa AKN Mentawai mampu menghasilkan enterpreneur yang cakap, kreatif, dan mandiri dengan memanfaatkan potensi lokal yang tersedia dan pemanfaatan teknologi tepat guna demi  meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Mentawai khususnya dan umumnya bagi nusa serta bangsa.

Diketahui Politekni Negeri Lampung sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah terakreditasi dengan akreditasi B.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

(ksr/utr)

Berita Terkait

Baca Juga