RSAM Bukittinggi Kebanjiran Bacaleg yang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

RSAM Bukittinggi Kebanjiran Bacaleg yang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Salah seorang Bacaleg yang sedang melakukan periksa kesehatan di RSAK Bukittinggi (Foto: Humas)

Covesia.com - Pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi bakal calon legislatif (bacaleg) pada pencalonan pemilu 2019 mendatang.

Seperti halnya Rumah Sakit Ahmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi yang setiap harinya didatangi bacaleg yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut humas RSAM Bukittinggi, Murshalman Chaniago kepada Covesia.com, Selasa (10/7/2018) mengatakan, sejak Senin (2/7/2018) pihak rumah sakit sudah mulai melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Bacaleg. 

"Pemeriksaan kesehatan bagi Bacaleg di tingkat provinsi, kabupaten dan kota telah dimulai sejak Senin kemarin," katanya.

Ia menjelaskan pemeriksaan meliputi cek darah, unrinalisa untuk bebas narkoba lalu pemeriksaan THT, mata, gigi, rongent, psikology, EKG, jantung dan fisik yang menjadi syarat pelengkap berkas Bacaleg saat pencalonan.

Sementara untuk pembayaran mengacu pada pergub 58 tahun 2015 tentang pola tarif RSAM untuk pemeriksaannya adalah sebesar  Rp. 922.000/orangnya.

"Rata-rata yang bisa kita layani dari kota kabupaten dan provinsi dalam sehari  mencapai 75 sampai 80 orang," ucapnya. 

Ia menambahkan diperkirakan hingga 17 Juli mendatang pemeriksaan Bacaleg yang ingin melakukan pencalonan akan terus bertambah dan pihaknya pun telah menyiapkan tim pemeriksaan.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga