Sumbar Terjadi Anomali Cuaca, BPBD Imbau Masyarakat untuk Waspada

Sumbar Terjadi Anomali Cuaca BPBD Imbau Masyarakat untuk Waspada Pantauan cuaca melalui satelit (Foto: BMKG)

Covesia.com - Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat ingatkan masyarakat selalu waspada terhadap anomali cuaca yang terjadi di Sumbar. Karena hujan sedang dan angin kencang yang terjadi beberapa hari belakangan ini.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat, Rumainur mengungkapkan, bahwa saat ini terjadi anomali cuaca,  semestinya sekarang terjadi musim panas namum di Sumbar malah terjadi hujan.

"Sekarang kecenderungan terjadi musim panas yang dikhawatirkan terjadi asap, karerena beberapa daerah seperti Provinsi Riau, Jambi, bahkan di Lampung dan  Sumatera Selatan BPBD standby untuk menanggulangi terjadinya  kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," ujar Rumainur kepada sejumlah awak media di Padang, Selasa (10/7/2018).

Kata Rumainur, berdasarkan informasi dari BMKG akan terjadi hujan dan BPBD sudah melakukan siaga disetiap daerah jika sewaktu-waktu terjadi potensi terjadi banjir dan longsor.

"Sebetulnya dibandingkan dengan daerah lain, potensi bencana di Sumbar termasuk kecil, dan hutan kita termasuk hutan basah, beberapa kali kejadian banjir dan lonsor terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota, Sijunjung, Pesisir Selatan dan Solok Selatan," ujarnya.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga