Bupati Mentawai: Interaksi Sosial Lebih Penting Ketimbang Modal Fisik

Bupati Mentawai Interaksi Sosial Lebih Penting Ketimbang Modal Fisik Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet

Covesia.com - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dalam sambutannya di acara halal bihalal Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada Senin (9/7/2018) menyampaikan bahwa interaksi sosial merupakan modal utama.

"Modal sosial lebih penting ketimbang modal fisik, modal sosial itu yang mesti kita bangun, sekarang sudah zamannya modal sosial, kalau modal uang atau fisik itu relatif. Kalau modal sosial kita sudah duduk, maka kita tidak takut berkompetisi dengan orang, jika modal sosial kita belum duduk, maka ini akan menjadi tantangan bagi kita," ungkap Yudas dikutip covesia.com dari laman Mentawaikita.

Kegiatan halal bihalal ini, jelas Yudas, bertujuan untuk membangun kebersamaan, supaya dalam membangun Kepulauan Mentawai ini dalam keadaan tenang dan damai, "tujuan supaya kita membangun Mentawai ini kompak, ini terbukti bahwa memang Mentawai ini kompak, kita dapat pujian dari Pemprov termasuk dari Polda dan sebagainya, Mentawai itu kompak ya," ucap Yudas.

"Meskipun kita kompak bukan berarti tidak ada masalah atau persoalan, bukan berarti semuanya sama, bukan. Kita berbeda, kita beragam, tapi dalam konteks ini kita adalah satu, kalau tidak berbagai, kalau tidak berbeda, pasti tidak ada istilah satu," lanjutnya.

Yudas juga menjelaskan, bahwa Kepulauan Mentawai semakin dikenal banyak orang, hal ini akan banyak orang, orang masuk di Mentawai, untuk itu ia mencontohkan seperti rumah yang berpagar, meski di luar sana terbuka namun rumah punya pagar.

"Pagar dusun atau desa, pagar kecamatan bahkan pemerintah harus punya pagar. Apa pagarnya, yaitu diri kita sendiri, kalau kita tidak bisa menahan diri untuk melakukan sesuatu tindakan yang kurang baik, kalau pagarnya tidak kokoh atau rusak maka orang akan muda masuk, begitu juga sebaliknya, pagar makan tanaman, artinya kita sendiri yang merusak daerah ini," jelas Yudas.

Ia juga mengajak ASN untuk bekerja sehingga menghasilkan prestasi kerja, serta memuaskan bagi semua orang.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga