Permohonan Surat Kependudukan Meningkat, Disdukcapil Agam Imbau Warga Urus Tanpa Perantara

Permohonan Surat Kependudukan Meningkat Disdukcapil Agam Imbau Warga Urus Tanpa Perantara Foto:Covesia/Johan Utoyo

Covesia.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam, provinsi Sumatera barat (Sumbar), Misran, himbau masyarakat Agam untuk mengurus sendiri surat-surat kependudukan tanpa menggunakan orang ketiga perantara, atau calo.

“Bagi masyarakat yang ingin mengurus surat kependudukan  agar  bisa datang sendiri ke Disdukcapil , pengurusannya gratis tanpa dipungut biaya, jika diurus sendiri kerahasiaan serta kesalahan pada data kependudukan bisa di minimalisir,  “ ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Senin, (9/7/2018).

Dikatakan Misran, jika ada kesalahan pada data sebelumnya, yang bersangkutan bisa menjelaskan kepada pelayanan, sehingga data tersebut lebih valid sedangkah jika melalui calo tentunya tahap yang di lakukan akan lebih panjang, jika ada persyaratan yang kurang harus diminta dulu kepada pemohon, jadi memakan proses waktu yang lama, jika persyaratan lengkap permohonan bisa diselesaikan dalam 1 hari.

Menurut Misran, pengurusan dokumen kependudukan di kabupaten Agam meningkat sejak libur lebaran ini, peningkatan yang terjadi hampir 100 persen dari hari biasanya. Hal tersebut dikarenakan libur lebaran  bertepatan dengan tahun ajaran baru sekaligus  banyak masyarakat yang ingin melangsungkan pernikahan.

Dijelaskannya, dari 526.841 jiwa warga Kabupaten Agam, 380.510 jiwa di antaranya wajib KTP, 167.462 wajib akta kelahiran, dan 143.502 kepala keluarga wajib memiliki KK, saat ini Agam baru mencapai 92,28 persen dari wajib KTP dan 77,25 persen atau 128.857 dari wajib akta kelahiran.

“Kita mengimbau masyarakat agar segera  mengurus surat kependudukan, karena untuk naik haji dan umrah, paspor, persyaratan melanjutkan pendidikan, SIM dan surat kendaraan, butuh surat kependudukan, “ tutup Misran.

(han)


Berita Terkait

Baca Juga