Pra Kongres ke Tiga Boemipoetra Nusantara Indonesia Wilayah Barat Digelar di Padang

Pra Kongres ke Tiga Boemipoetra Nusantara Indonesia Wilayah Barat Digelar di Padang Pra Kongres ke Tiga Boemipoetra Nusantara Indonesia Wilayah Barat Digelar di Padang, Jum'at (6/7/2018)(Foto:Istimewa)

Covesia.com - Boemipoetra Nusantara merupakan wadah perjuangan hak-hak masyarakat pribumi Indonesia yang digagas dan didukung oleh sejumlah tokoh nasional. Gerakan Boemipoetra Nusantara itu sendiri diinisatori oleh Mantan Menteri Kehutanan di Kabinet Indonesia Bersatu, MS Kaban.

Ketua Panitia daerah, Erisman mengatakan, kegiatan tersebut tidak ada unsur-unsur politis dan kepentingan. Karena kegiatan Pra Kongres ke Tiga Boemipoetra Nusantara Indonesia murni dilakukan untuk melihat bersama secara nyata bangsa Indonesia dan Kota Padang ke depannya.

"Ini murni gerakan anak bangsa, kalau boleh jika bawakan ke Bahasa Minangnya itu Anak Nagari. Tentunya diharapkan kembali dapat  menumbuhkan kembali semangat bumi putra dalam bela negara kesatuan kita ini ," kata Erisman, yang juga merupakan anggota DPRD Kota Padang.

Sementara itu, salah seorang inisiator Boemipoetra Nusantara lebih jauh menjelaskan, spirit berbangsa dan bernegara mesti dikuatkan kepada seluruh generasi dalam memahami hak dan kewajiban untuk berbangsa dan bernegara.

"Oleh sebab itu kami menyebutnya Generasi Bangsa Boemipoetra atau pribumi, semua itu ditujukan agar berkesinambungan untuk membangun negara ini," katanya.

Dengan diciptakannya gerakan Boemipoetra Nusantara ini, Kaban mengharapkan bisa menjadi motivasi untuk kembali membangkitkan semangat dari kesalahpahaman secara historis terhadap bangsa Indonesia itu sendiri.

"Mudah-mudahan dengan membangun semngat bersama, Indonesia lebih eksis, satu semngat dan tentunya lebih kuat, ini kami lakukan semata hanya untuk membngkitkan kembali motivasi awal dalam membangun bangsa ini sesuai mukodimah dan UUD 1945, kemerdekaan itu harus meberikan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat, dan itu yang menjadi poin kami bahwa Bumi putra pemilik, penguasa dan penikmat," kata Kaban 

Dalam Generasi Bangsa Boemipoetraini, pihaknya lebih mengedepankan spirit bahwa Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tidak menjadi pelayan.

"Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bangsa lain itu sebagai bentuk korporasi untuk kerjasama, jangan sampai dinapikan dan disisihkan, sehingga kedepannya kesenjangan itu dapat dihindarkan dan kemakmuran itu dirasakan bagi seluruh rakyat Indonesia,"ujarnya.

Kegiatan Pra Kongres ke Tiga Boemipoetra Nusantara Indonesia Wilayah Barat di Padang, yang di adakan di Aula Asrama Haji Tabing Padang, Jum’at (6/7/2018) kemarin turut diikuti oleh tokoh masyarat, mahasiswa dan pelajar Sumbar dan juga dihadiri sejumlah pembicara yang sudah dikenal di kancah Nasional seperti Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso (Mantan Panglima TNI era SBY), Ratna Serumpaet, Prof. Dr. Sabar Sutisna, Prof. Dr. Maswadi Rauf, Dr. Md La Ode, Dr. Ichsanuddin Noory, Prof. Syafrudin Tippe, Dr Roky Gerung, Max Sopacua.

(*/don)


Berita Terkait

Baca Juga