Hari Keempat Pendaftaran Bacaleg, Parpol Hanya Sekedar Konsultasi ke KPU Pasaman

Hari Keempat Pendaftaran Bacaleg Parpol Hanya Sekedar Konsultasi ke KPU Pasaman Foto:Covesia/Heri Sumarno

Covesia.com - Sampai hari keempat pendaftaran, belum satu pun partai politik yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. 

Hal ini disampaikan Divisi Teknis, SDM dan Farmas Komisioner KPU Pasaman, Juli Yusran kepada Covesia.com, Sabtu (7/07/2018).

"Sampai hari keempat pendaftaran ini belum satu pun parpol yang mendaftarakan bacaleg untuk pemilu 2019 mendatang. Rata-rata yang datang hanya untuk konsultasi terkait bahan administrasi maupun tahapan pemilu," kata Juli Yusran.

Juli Yusran juga menghimbau kepada Parpol agar segera mendaftarkan bacalegnya sebelum pendaftaran itu ditutup.

"Kita imbau parpol jangan menunggu hari-hari akhir pendaftaran. Parpol semestinya memanfaatkan awal-awal ini untuk mendaftar. Sehingga nanti jika memang ada kesalahan didalam berkas yang didaftarkan, bisa segera diperbaiki kembali," katanya.

Juli Yusran juga sangat mengharapkan LO yang diutus parpol untuk bekerja maksimal dalam menyiapkan berkas pendafataran Bacaleg Parpol.

"Kami sebenarnya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi terkait aturan PKPU Caleg, baik yang kami adakan di KPU maupun diundang langsung sebagai pemateri oleh beberapa parpol. Kemudian parpol juga sudah mengutus LO ke KPU yang menerima materi sosialisasi itu. Jadi tidak ada lagi alasan sebenarnya untuk tidak tahu terkait berkas bacaleg ini," tambahnya.

Hal ini menyusul karena masih banyaknya parpol yang melakukan konsultasi di hari pembukaan pendafataran bacaleg ini ke KPU Pasaman.

"Untuk itu baik pengurus Parpol maupun LO serta Caleg, kami minta untuk bekerja keras dalam menyiapkan berkas pendafatarannya. Sehingga bisa secepatnya kami terima di KPU," tukas Juli Yusran.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga