Diguyur Hujan Deras, Puluhan Rumah Rusak Dihantam Banjir di Sijunjung

Diguyur Hujan Deras Puluhan Rumah Rusak Dihantam Banjir di Sijunjung Foto:BPBD Sijunjung

Covesia.com - Akibat guyuran hujan deras dari kamis malam hingga pagi, jumat (6/7/2018) menyebabkan banjir dan puluhan rumah rusak yang melanda nagari Langki, Kecamatan Tanjuang Gadang, Kabupaten Sijunjuang, Propinsi Sumatera Barat.

Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung, Hardiwan. SP menyebutkan, banjir terjadi pada pagi sekitar pukul 07.10 Wib dan air mulai surut pada pukul 9.30 Wib.

"Setelah air mulai surut, pada sore harinya masyarakat sudah bisa menempati rumah mereka kembali, walaupun ada beberapa rumah yang rusak parah," ujarnya.

Hardiwan menjelaskan, ada sekitar 41 unit rumah rusak terkena banjir tersebut, seperti di Jorong Muaro Linggo Nagari Langki, terdapat kerusakan pada bangunan rumah sebanyak 27 unit rumah, diantaranya 15 rumah rusak berat dan 12 rumah rusak ringan.

"Di Jorong Liambang, kerusakan pada bangunan rumah sebanyak 14 rumah terdiri dari 10 rusak ringan dan 4 rusak berat. Setelah itu di jorong Jorong Koto Langki terdampak pada tanaman padi masyarakat siap panen sebanyak 30 hektar rusak berat. Kemudian kerugian lain oleh warga seperti alat elektronik, padi di dalam karung hanyut sebanyak 3.000 Gantang. Ternak kambing sebanyak 25 ekor hanyut dan lain sebagainya," ungkap Hardiwan.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dari kejadian tersebut diperkirakan kerugian material sebesar Rp. 500.000.000, dan tidak ada korban jiwa.

"Dalam penanganan banjir tersebut baru selesai pada pukul 20.00 Wib, yang dilaksanakan oleh BPBD, TNI-Polri dan pihak pemerintahan nagari setempat berlangsung dalam keadaan aman," pungkasnya.

(don)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga