Ikut Nyaleg, ASN Hingga Wali Nagari di Pasaman Mengundurkan Diri

Ikut Nyaleg ASN Hingga Wali Nagari di Pasaman Mengundurkan Diri Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Pasaman, Dalisman menyebutkan sudah ada beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga Wali Nagari yang mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya kepada Bupati untuk ikut dalam pesta demokrasi pemilihan Calon Legislatif (Caleg) Tahun 2019 mendatang.

"Benar, sudah ada beberapa ASN yang mengajukan pensiun dini dan sudah pensiun terhitung bulan April 2018 kemaren yaitu Emdison dan Hendri. Kedua ASN ini pensiun dini katanya untuk ikut sebagai calon legislatif," kata Dalisman.

Sedangkan untuk Wali Nagari, kata Dalisman baru satu orang yang sportif mengajukan pengunduran diri dari jabatannya.

"Sementara untuk Wali Nagari baru satu orang, yakni Ali Azwir. Beliau ini Wali Nagari Ganggo Mudik, Bonjol. Surat pengunduran dirinya sudah kita terima. Alasannya ingin terjun di politik dengan cara ikut nyaleg," tambah Dalisman.

Menurut Dalisman, surat pengunduran diri sebagai walinagari ditujukan kepada Badan Musyawarah (Bamus) di Nagari, lalu ditembuskan ke camat dan bupati.

"Jika sudah demikian, Bupati akan menerbitkan SK pengunduran diri sebagai wali nagari sekaligus menunjuk Pj di nagari tersebut. Jika masa jabatan wali nagari tersebut kurang dari satu tahun, bupati akan menunjuk seorang Penjabat (Pj) Wali Nagari untuk menjalankan roda pemerintahan di nagari itu hingga dilakukan Pilwana," terangnya.

Tetapi jika lebih dari satu tahun, kata Dalisman akan dilakukan pemilihan PAW.

"Namun kalau lebih dari satu tahun, maka akan dilakukan Pemilihan Antar Waktu (PAW) Wali Nagari hingga dilakukan Pilwana. Kita juga mengimbau kepada pejabat lainnya yang memperoleh gaji bersumber dari Negara untuk sportif mengundurkan diri. yang Sebelum nantinya gagal sewaktu mengajukan pencalonan di KPU," pungkasnya.

(eri)


Berita Terkait

Baca Juga