Dirlantas: Pengendara Harus Tertib Berlalulintas saat Arus Mudik

Dirlantas Pengendara Harus Tertib Berlalulintas saat Arus Mudik (Foto: Rozi Yardinal/Covesia)

Covesia.com - Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata mengimbau seluruh lantas di Sumbar agar lebih meningkatkan pengamanan arus mudik saat lebaran nanti.

"Tahun lalu terdapat 172 kecelakan lalulintas dengan korban meninggal 44 jiwa, luka berat 60 orang dan luka ringan 263 orang," ujarnya di Padang Pariaman saat mengunjungi pos pelayanan dan pengamanan lebaran, Jumat (08/06/2018).

Ia mengatakan, sudah perintahkan Kasat Lantas di setiap resort agar dapat mengambil langkah-langkah taktis sesuai petunjuk, seperti saat operasi patuh kemarin. 

"Akan melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas seperti biasanya di beberapa Pos Pengamanan yang dibuat," tegasnya.

Lebih lanjut, kata dia, tidak hanya penindakan, pihaknya juga akan fokus meminimalisir kemacetan di titik ruas jalan utama, terkhusus pada jalur Padang menuju Bukittingi sampai ke kelok 9. 

"Untuk kelancaran itu target saya ruas-ruas jalan yang mancet saya akan fokuskan," terangnya.

Seterusnya, kata dia, titik rawan kemacetan seperti di kawasan Pasar Koto Baru dan Lubuk Alung, maka target jarak tempuh Padang menuju Bukittingi diusahakan bisa tembus lima jam meski pada jam padat.

Ia mengimbau agar seluruh pengendara kendaraan baik roda dua maupun roda empat diminta untuk selalu tertib lalu lintas supaya bisa menghindari akan terjadinya kecelakaan," tutupnya.

Reporter Padang Pariaman: Rozi Yardinal

Berita Terkait

Baca Juga