Puluhan Makanan Olahan Daging Sudah Kedaluwarsa Ditemukan di Plaza Andalas Padang

Puluhan Makanan Olahan Daging Sudah Kedaluwarsa Ditemukan di Plaza Andalas Padang Tampak produk yang berlingkaran merah sudah memasuki tanggal kedaluwarsa (Foto: Covesia/Fadil Mz)

Covesia.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di dampingi dari BBPOM Padang, Kepala Dinkes Sumbar dan sejumlah instansi terkait melakukan sidak terhadap sejumlah makanan di Plaza Andalas Padang.

Dalam sidak tersebut, ditemukan beberapa makanan olahan daging yang masuk kategori kedaluwarsa seperti olahan daging dengan merk Willy Burger Sapi, Trene Sosis, dan Andif Burger.

"Ya kita telah melakukan inspeksi mendadak di Plaza Andalas (PA) dan ditemukan beberapa bungkus kemasan makanan olahan daging yang telah kedaluwarsa dan ini akan dimusnahkan," ujar Irwan Prayitno di Plaza Andalas Padang, Kamis (7/6/2018).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pihaknya bersama BBPOM di Padang, Polda, dan juga dinas terkait sudah melakukan  pengawasan terhadap takjil di 18 kabupaten dan kota kecuali Kabupaten Mentawai, dari hasil pengawasan secara umum relatif aman.

"Meskipun secara umum aman, namun ada beberapa yang masuk kategori kedaluwarsa, dari 135 sample yang dicurigai terdapat  28 diantaranya dalam masalah dan ini akan dimusnahkan," ujarnya.

Selain itu, Tim Provinsi juga telah melakukan pengawasan di 128 tempat penjualan parsel dan ditemukan sebanyak 28 titik yang belum layak edar karena rusak dan kedaluwarsa, ini juga akan dimusnahkan dan pemiliknya akan dimintai keterangan.

Sementara itu, Manager Supermarket Plaza Andalas, Dani menyebutkan akan memusnahkan seluruh makanan olahan daging yang telah kedaluwarsa tersebut.

"Ini merupakan kelalaian kami, dan makanan tersebut akan dimusnahkan," ujarnya saat ditanyai awak media.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga