Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemko Bukittinggi Sidak Harga Pasar

Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran Pemko Bukittinggi Sidak Harga Pasar Foto: Covesia/Debi Kurnia

Covesia.com - Memasuki idul fitri 1439 Hijriah, pemerintah kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) sidak harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional pasar bawah Bukittinggi, Rabu (6/6/2018).

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengatakan bahwa sidak yang dilakukan pemerintah kota guna memastikan harga kebutuhan pokok di pasar tidak naik atau masih stabil serta memastikan ketersediaan pangan yang masih mencukupi. 

"Sejauh ini harga pasar masih normal dan stabil meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan namun tidak begitu besar tetapi juga ada komoditas yang mengalami penurunan harga," katanya. 

Ia menjelaskan beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga yakni cabai merah dari Rp 40.000/kg turun menjadi Rp 28.000/kg, bawang merah dari Rp 35.000/kg turun Rp 25.000/kg, jengkol dari Rp 70.000/kg turun Rp 30.000/kg serta beberapa komoditas lainnya. 

Untuk harga minyak goreng, tepung, gula, daging dan ayam harganya masih normal tidak mengalami kenaikan.

"Kebutuhan di Bukittinggi menyambut lebaran masih tercukupi dan jika kurang, Bulog Bukittinggi telah menyiapkan pangan yang dibutuhkan masyarakat," sebutnya. 

Sementara itu, Staf Ahli Perdagangan dalam dan Luar Negeri, Dodi Edward mengatakan bahwa masyarakat jangan cemas jika kekurangan kebutuhan pokok karena pihaknya juga telah menginstruksikan untuk menurunkan beberapa komoditas yang dibutuhkan masyarakat.

"Terkait harga pasar juga jangan cemas sejauh ini masih terpantau stabil tidak ada kenaikan yang signifikan, dan kita bersama pemerintah akan terus melakukan pemantauan harga pasar jelang lebaran nanti," tuturnya. 

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga