Kemenag Umumkan Ukuran Zakat Fitrah di Pasaman

Kemenag Umumkan Ukuran Zakat Fitrah di Pasaman Ilustrasi membayar Zakat Fitrah (Ist)

Covesia.com - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Abdel Haq menyampaikan secara resmi standar zakat fitrah untuk daerah Pasaman di Ramadhan Tahun 2018 ini.

"Standar zakat fitrah ini disepakati sesuai dari hasil musyawarah bersama MUI, Muhammadiyah, NU, BAZNAS dan Dinas/Instansi terkait di Kemenag Pasaman hari Kamis (31/5) lalu," ujar Kakan Kemenag Pasaman, Abdel Haq, Selasa (5/6/2018).

Abdel Haq mengatakan, standarisasi ini juga merujuk dari harga-harga beras disejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Pasaman.

"Kita berharap dari hasil musyawarah yang telah menetapkan standar zakat fitrah tahun ini menjadi perhatian bagi masyarakat daerah ini, untuk menyempurnakan rangkaian ibadah puasa bulan suci Ramadhan," katanya.

Abdel Haq juga menyampaikan agar masyarakat mampu sebagai muzakki dapat menyalurkan zakat fitrahnya melalui amil maupun langsung kepada mustahik yang benar-benar berhak menerima zakat fitrah.

"Hikmah zakat fitrah itu merupakan salah satu ibadah yang berfungsi untuk mensucikan ibadah puasa seorang muslim dan menyempurnakannya," tuturnya.

Sebab menurutnya, boleh jadi dalam ibadah puasanya di bulan Ramadhan seseorang memiliki beberapa pelanggaran dan ketidaksempurnaan penyelenggaraannya, sehingga zakat fitrah diharapkan bisa menyempurnakan dan mensucikan pelanggaran tersebut.

Lagi, dari zakat fitrah itu juga dapat memberikan kecukupan makanan dan kebutuhan fakir miskin serta membuat mereka terhibur dalam menyongsong hari besar idul fitri, sehingga mereka turut serta bisa merayakannya seperti kaum muslimin lainnya.

"Ini sesuai hadits Ibnu Abbas yang diriwayatkan Abu Daud dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pensuci orang berpuasa dari perbuatan dan perkataan keji (selama puasa), serta sebagai makanan pokok untuk orang-orang miskin," tukasnya.

Berikut standar zakat fitrah untuk daerah Pasaman tahun ini :

Beras Kualitas 1 = 10 tekong susu, dalam bentuk uang sebesar Rp.35.000.-

Beras kualitas 2 = 10 tekong susu dalam bentuk uang sebesar Rp. 30.000.- dan

Beras kualitas 3 = 10 tekong susu dalam bentuk uang sebesar Rp. 25.000.-

(eri)


Berita Terkait

Baca Juga