Pantau Jalur Mudik Jelang Lebaran, Ditlantas Polda Sumbar Pasang CCTV

Pantau Jalur Mudik Jelang Lebaran Ditlantas Polda Sumbar Pasang CCTV Dirlantas Polda Sumbar saat memperlihatkan pantauan CCTV di Kantornya, Senin (4/6/2018)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Menjelang Operasi Ketupat tahun 2018, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan sejumlah pemetaan di jalur mudik yang berpotensi terjadi kemacetan.

"Kita sudah mulai tahap perencanaan dan telah melakukan survei awal pada tanggal (22/5) kemarin. Dalam survei tersebut ditemukan beberapa titik-titik  yang perlu dibenahi agar dapat mengurangi kemacetan," ujar Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata di Padang, Senin (4/6/2018)

Singgamata mengungkapkan bahwa potensi kemacetan terjadi di ruas jalan Padang-Bukittinggi tepatnya pasar tumpah Lubuk Alung, Sicincin, Lembah Anai, Pasar Koto Baru yang menempuh waktu 10 jam saat lebaran.

"Kita berusaha bagaimana waktu tempuh 10 jam tersebut bisa disingkat, ini yang selama ini menjadi keluhan masyarakat saat mudik," ungkap Singgamata

Selain itu, perlintasan Kereta Api dan sejumlah titik ruas jalan yang rusak juga jadi penyebab terjadinya kemacetan, dan pihaknya sudah memerintahkan Kasatlantas jajaran segera koordinasi dengan instansi terkait untuk menuntaskan persoalan tersebut.

"Saya telah komunikasikan dengan PU terkait perbaikan jalan, selain itu kami juga telah menyiapkan CCTV untuk memantau lalu lintas di Pasar Koto Baru, saat ini CCTV sudah terpasang di 27 titik dan dalam waktu satu jam akan di share di media sosial sehingga masyarakat mengetahui perkembangan terkini jalur Pasar Koto Baru tersebut," ujarnya.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga