Kodim 0305/Pasaman Bantah Beking PT. IJM

Kodim 0305Pasaman Bantah Beking PT IJM Makodim 0305/Pasaman (Foto:Covesia/Heri)

Covesia.com - Komando Distrik Militer  (Kodim) 0305/Pasaman membantah tentang adanya dugaan mendukung atau membeking pihak perusahaan Tambang Emas PT. Inexco Jaya Makmur di Simpang Tonang, Kecamatan Dua Koto, seperti yang di klaim oleh lembaga Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Sumbar.

Hal ini disampaikan oleh Dandim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdiyanto kepada Covesia.com, Rabu (23/5/2018).

"Tidak benar itu, Aparat Kodim 0305/Pasaman hanya membantu mengantarkan logistik ke lokasi Base Camp PT. IJM di Kampung Simpang Kuayan, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Dua Koto. Karena oknum masyarakat setempat selalu melakukan penghadangan kepada pihak PT. IJM setiap akan membawa logistik ke lokasi Base Camp," kata Letkol Arh Pri Isdiyanto.

Menurut Dandim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdiyanto, pihaknya turun hanya berusaha untuk menetralisir masalah yang terjadi di Simpang Tonang. 

"Kita juga tidak ingin ada aksi premanisme yang merajalela di sekitar lingkungan masyarakat dari kelompok-kelompok yang mementingkan pribadi serta tunggangan dari pihak lain. Makanya kita turun untuk mengamankan situasi dan menetralisir masalah terjadi," terang Letkol Arh Pri  Isdiyanto.

Lebih lanjut kata Letkol Arh Pri  Isdiyanto, pihaknya hanya ingin menjaga iklim investasi yang baik untuk kemajuan daerah tersebut.

"Izin dari Tambang Emas PT. IJM ini kan sudah legal. Sebagaimana yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Sumatera Barat dengan Nomor 544-99-2018 ditetapkan tanggal 24 April 2018. Kodim 0305/Pasaman hanya melakukan perbantuan pengamanan bersama Polisi apabila diminta. Kemudian, kita hanya ingin menjaga iklim investasi yang baik untuk membangun Sumbar khususnya di Kabupaten Pasaman ini," pungkasnya.

(eri)

Bacajuga:

Oknum TNI Diduga Bekingi PT IJM, PBHI Sumbar: Ini Teror Bagi Masyarakat


Berita Terkait

Baca Juga