Sambut Ramadhan, Masyarakat Pessel Sumbar Gelar Tradisi 'Balimau Paga'

Sambut Ramadhan Masyarakat Pessel Sumbar Gelar Tradisi Balimau Paga Para pejabat Pesisir Selatan membasahkan kepala dalam tradisi Balimau Paga (Foto: Indra/ Covesia)

Covesia.com - Dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan Masyarakat dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) serta Anak Nagari (putra daerah) menggelar tradisi balimau paga di Pamandian Timbulun Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Pada Selasa (15/5/2018)

Balimau paga adalah sebuah tradisi adat yang tiap tahunnya di adakan dalam rangka penyambutan bulan suci Ramadhan oleh masyarakat Painan dengan mandi membahasahi rambut di lokasi-lokasi pemandian umum terdekat seperti sungai.

Ketua KAN Syafrizal Dt.Nan Batuah mengatakan acara ini adalah salah satu cara kami masyarakat painan untuk mempertahankan tradisi dalam penyambutan bulan suci Ramadhan.

"Dalam balimau paga ini adalah salah satu wadah bagi kita menyadari kepada anak kemenakan yang berkembang diranah rantau, untuk bisa kembali mengunjungi keluarga dan duduk bersama ninik mamak dan bisa berjabatan tangan dengan,"sebutnya pada Covesia.com Selasa (15/5/2018)

Tambahnya, acara balimau paga ini adalah salah satu pusaka peninggalan yang ditinggalkan oleh para pendulu. Maka kita wajib untuk melestarikannya.

"Balimau paga hari ini. Kita melakukan pemasangan limau yang telah disediakan dan mengusapkan kekepala sebanyak tiga kali. Dan limau tersebut dilengkapi dengan bahan-bahan bunga rampai, buah asam dan ramuan-ramuan wangi tradisionol lainnya,"jelasanya

Sementara itu, Sekda Erizon yang juga hadir dalam balimau paga mengatakan, Tradisi balimau paga ini harus kita budayakan. Sebab, ini adalah salah satu bentuk kekayaan tradisional yang kita miliki.

"Tradisi Alek Balimau paga yang dilakukan ini hanya ada di dua kecamatan di pesisir selatan yaitu di Painan Kecamatan IV Jurai dan Kecamatan Indra Pura. Dan setiap tahunya selalu di adakan dari zaman dahulunya. Maka dengan itu, mari kita lestarikan,"singkatnya sekda Pesel Erizon 

Balimau paga ini di hadiri oleh Sekda Erizon, Anggota DPRD Provinsi Saidal Masyudin, Calon DPD RI Alirman Sori, Dandim Pessel, Kapolsek, jajaran pemerintahan Pessel lainnya, serta masyarakat danvtoko-tokoh Agama di daerah tersebut.

Kontributor Pesisir Selatan: Indra

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga