Polres Padang Pariaman Bekuk Pencuri Ternak, Dua dari Tiga Tersangka Dilumpuhkan Timah Panas

Polres Padang Pariaman Bekuk Pencuri Ternak Dua dari Tiga Tersangka Dilumpuhkan Timah Panas Barang bukti yang brhasil diamankan Polisi di kawasan di Simpang By Pass Anak Aia, Km 23 Kota Padang, sekitar pukul 06.00 WIB pagi, Sabtu (12/5/2018) (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Kepolisian Resor (Polres) Padang Pariaman berhasil mengamankan tiga pelaku pencurian ternak, dua diantaranya dilumpuhkan karena melakukan perlawanan di Simpang By Pass Anak Aia, Km 23 Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sekitar pukul 06.00 WIB pagi, Sabtu (12/5/2018).

"Pelaku diamankan berdasarkan pengembangan kasus atas laporan masyarakat, bahwa ada laporan masyarakat atas nama Hanafi (53) warga Korong Sarang Gagak, Nagari Pankandangan, Kecamatan Enam Lingkung, Padang Pariaman," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Padang Pariaman, Iptu Fetrizal.

Ia mengatakan, menurut keterangan korban, pelaku melakukan aksinya sekitar pukul 04.30 WIB pagi.

Seterusnya, kata dia, kejadian berawal pada hari Sabtu tanggal 12 Mei 2018 pukul 04.30 Wib saat korban dibangunkan oleh anaknya Siti Latifah dan Siti Aisah yang mengatakan ada mobil pick up parkir di depan rumah, sehingga pelapor langsung bangun dan melihat ternyata memang benar.

Lebih lanjut, ketika korban barada dekat mobil tersebut ternyata pengemudinya langsung melarikan diri, karena merasa curiga kemudian korban langsung memeriksa kandang sapinya dan ternyata benar, di sana didapati sebuah karung yang berisi potongan badan sapi serta banyak darah.

"Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian Rp. 35.000.000," sebut Kasat Reskrim.

Selanjutnya, kata Fetrizal, berdasarkan bukti permulaan yang cukup, serta barang bukti sapi yang disembelih berjumlah 2 ekor dan satu ekor ditinggal di TKP dan yang satu dibawa untuk dijual pelaku. 

Setelah itu, tim gabungan Opsnal Polres Padang Pariaman dengan Opsnal Polsek Lubuk Alung Beserta Polsek Batang anai mendapatkan Informasi bahwa adanya pelaku spesalis pencurian ternak yang akan melakukan aksinya menggunakan Mobil Pick Up Granmax, mendapat info tersebut tim gabungan melakukan pemantauan dan sekira pukul 05.00 wib dilihat lah mobil dengan ciri-ciri yang sama.

"Lalu melakukan pengejaran terhadap pelaku yang melarikan diri, sampai di jalan By pass Anak air Kecamatan, Koto Tangah, Kota Padang, mobil pelaku hilang kendali dan terguling," ujarnya.

Satelah itu pelaku keluar mobil dan melakukan perlawanan sehingga dilakukan penembakan tindakan tegas terhadap pelaku dibagian kakinya.

"Saat ini ketiga tersangka dilakukan perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara, Kota Padang," jelasnya.

Ketiga tersangka yaitu Son Alias Son Kabau (46) warga Pinang Bungkuk Kelurahan Lubuk Buayo Kecamatan Koto Tangah, Can Baro (46) warga Rusunawa belakang Polsek Koto Tangah, Kota Padang dan Jon Iskandar (42) warga Dalimo Kelurahan, Dalimo, Kecamatan Singkarak, Kabupaten Solok. 

"Untuk saat ini kita masih melakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut terhadap pelaku yang kita amankan," pungkasnya. 

Reporter Padang Pariaman: Rozi Yardinal                                                                                   

Berita Terkait

Baca Juga