Jembatan Gantung di Pessel Amblas Saat Dilintasi Mobil Bermuatan padi

Jembatan Gantung di Pessel Amblas Saat Dilintasi Mobil Bermuatan padi Salah satu sisi roda mobil terbenam akibat ablasnya jembatan gantung di Pessel. Foto: Indra Yen

Covesia.com - Jembatan semi permanen di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, amblas akibat dilintas satu unit mobil L 300 pengangkut padi pada Kamis (10/5/2018).

Pantauan Covesia.com di lapangan, jembatan yang amblas diduga tak mampu menahan muatan berat. Selain kondisi lantai jembatan banyak lepas dari penyangganya, baut-baut jembatan ini tampak tidak utuh lagi dan rentan amblas seketika.

Kejadian itu, terjadi tidak hanya dialami oleh pengakut padi L 300 nopol BA 8874 BQ. Sebelumnya sudah sering terjadi, dan pengemudi angkutan tampak abai hingga mengakibatkan ban belakang sebelah kiri mobilnya amblas.

"Kami sudah sering menyarankan, untuk menurunkan sebagian muatannya. Tapi tidak didengarkan, hingga jembatan tambah rusak dan merepotkan juga jadinya," sebut Jeli (28) seorang warga setempat di lokasi kejadian pada Covesia.com.

Kondisi ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, akibat kejadian ini akses warga menjadi terganggu, dan muatan Colte L 300 tersebut terpaksa diturunkan.

"Tadi kata orang di sini, 35 karung bisa dilalui. Jadi, kami coba, dan ternyata amblas saat kami lalui," sebut Siin kernek L 300 pengangkut padi.

Melihat kondisi tersebut, pengemudi L 300 merasa was-was dan cemas mobil yang sedang bermuatan tersebut amblas ke dalam sungai di bawah jembatan. 

"Takutnya kalau padi tidak diturunkan, bisa-bisa mobil dan padi yang kami terjun ke sungai. Karena, lantai jembatan sudah jebol," jelasnya.

Kontributor Pesisir Selatan: Indrayen 

Berita Terkait

Baca Juga