Kapal KM Harapan Bersama Tujuan Mentawai – Padang Dilaporkan Hilang, Tim SAR Lakukan Pencarian

Kapal KM Harapan Bersama Tujuan Mentawai – Padang Dilaporkan Hilang Tim SAR Lakukan Pencarian KN SAR Yudhistira saat sedang melakukn penacarian terjadap kapak yang KMHarapan Bersama yang Hilang, Rabu (9/52018)(Foto: SAR Padang)

Covesia.com - KM Harapan bersama yang membawa Manau (Rotan) berangkat dari Simalepet Kab. Kepulauan Mentawai menuju pelabuhan Muara Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dilaporkan lost contak atau hilang dari komunikasi antara awak kapal dan pemilik kapal di Padang.

Diketahui Kapal yang membawa 7 orang ABK atau POB (Person On Board) berangkat dari Simalepet pada tanggal 7 Mei 2018 kemarin pada pukul 09.00 wib, diperkirakan tiba di Muara Padang pada Pukul 22.00 wib. namun sampai berita ini diturunkan Kapal Tersebut belum ada bersandar di Dermaga Muara Padang.

Plt Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Ahmad Junir, mengatakan memang betul petugas siaga Komunikasi menerima info tentang kapal KM Harapan Bersama Lost contak.

“Kita berkoordinasi dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai untuk pelaksanaan Giat Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR). Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai telah menggerakan KN. SAR Ramawijaya untuk melakukan pencarian, namun hasil tetap nihil. hari ini KN. SAR Yudhistira akan lepas tali dari dermaga Barau bungus Teluk Kabung Kota Padang dan dibantu Rescuer Kantor Pencarian dan  Pertolongan Padang yang telah bergeser dari siang kemarin guna Melakukan pencarian,” sebutnya.

Lebih lanjut Ahmad Junir mengatakan, pencarian sesuai dengan rencana operasi yang dibuat oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan, Karena SAR Mission Koordinator (SMC) operasi SAR terhadap KM. Harapan Bersama adalah Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai Akmal, yang ditunjuk langsung dari Kantor Pusat.

“Kita juga telah Berkoordinasi dengan Stasiun Radio Pantai (SROP) untuk menginfokan kepada Kapal-Kapal yang sedang berlayar apabila ada melihat Kapal dengan Lambung KM.Harapan Bersama agar segera memberikan informasi,” jelasnya.

Sementara itu, Asnedi, Kasi Sumber Daya Manusia Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, yang saat ini sebagai pemimpin Pelaksanaan Operasi SAR mengatakan, Operasi SAR terhadap KM. Harapan Bersama yang melibatkan 2 (Dua) Kantor Pencarian dan Pertolongan, Padang dan Mentawai.

“Dua Kapal SAR, yakni KN. SAR Yudhistria dan KN. SAR Ramawijaya, untuk melakukan pencarian di perairan Padang-Mentawai, Mentawai-Padang, supaya Kapal yang Lost Contak segera ditemukan. sebelum berangkat tadi saya berpesan kepada Abk dan Rescuer agar selalu mengutamakan safety,” ujarnya.

(*/don)

Berita Terkait

Baca Juga