Suryadi dan Hasan Basri, Dulu Nelayan Sekarang jadi Penjaga Pulau Angso Duo di Pariaman

Suryadi dan Hasan Basri Dulu Nelayan Sekarang jadi Penjaga Pulau Angso Duo di Pariaman Buyuang Karani sedang membersihkan pulau angso duo (Foto:Covesia/Junaidi)

Covesia.com - Beralih profesi dari nelayan, Suryadi (48) dan Hasan Basri (46), saat ini menjadi penjaga Pulau Angso Duo Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Dua lelaki ini bertugas menjaga aset Pemerintah Kota Pariaman yang ada di Pulau tersebut. Selain itu mereka juga berkewajiban menjaga kelestarian tumbuh-tumbuhan serta kebersihan yang ada di pulau kebanggaan masyarakat Kota Pariaman ini.

Sedari pagi kedua pria ini sudah asyik mengayunkan sapu lidinya di sepanjang pesisir pantai Pulau Angso Duo. Mereka tampak serius menjalankan perkerjaan sebagai petugas kebersihan. Sementara itu, pengunjung pulau terus berdatangan.

“Saya mulai membersihkan sampah di pulau sejak pagi. Sampah organik biasanya saya kumpulkan pada suatu tempat untuk dikubur maupun dibakar. Sedangkan sampah plastik dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam karung untuk dibawa ke daratan”, ujar Suryadi, saat berbincang bersama Covesia.com, Sabtu (21/4/2018).

“Saya bisa mengumpulkan sampah hingga 50 kilo per hari bila hari biasa, dan 200 kilo bila hari libur”, sambung suami Ramini ini.

Ayah dua anak ini, mengaku sangat menikmati pekerjaan yang sedang dijalaninya, begitu juga dengan Hasan Basri. Pria yang akrab dipanggil Buyuang Karani ini, juga sangat bersyukur dengan profesinya sekarang.

Petugas yang sama-sama mulai bekerja sejak awal tahun 2017, membagi dua wilayah kerjanya. Suryadi bertugas membersihkan separuh wilayah Pulau Angso Duo arah ke selatan, sedangkan Buyuang Karani bertanggung jawab wilayah utara pulau.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Elfis Candra mengatakan, bahwa kedua petugas tersebut bertugas sebagai aset Pemko Pariaman yang ada di Pulau Angso Duo, menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian biota di dalamnya.

“Selain menjaga kebersihan dan kelestarian biota yang ada di pulau, mereka juga bertugas mengontrol pengunjung yang ada di Pulau Angso Duo. Mereka juga akan mengingatkan pengunjung yang berada di pulau untuk dibatasi paling lama pukul lima sore”, tukasnya.

Kontributor Pariaman: Junaidi

Berita Terkait

Baca Juga