Peringati Harkonas, IP Ajak Konsumen Cerdas Memilih Produk

Peringati Harkonas IP Ajak Konsumen Cerdas Memilih Produk Foto: Humas Pemprov Sumbar

Covesia.com - Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno saat mengikuti peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang jatuh setiap 20 Maret menyebutkan mengajak masyarakat menjadi konsumen cerdas dalam memilih beragam produk di pasaran. Selain itu konsumen harus seleksi dalam memilih produk yang akan dikonsumsi.

“Masyarakat harus cerdas memilih setiap barang dalam memenuhi kebutuhan, begitu juga konsumen harus mengetahui kualitas produk  yang dibeli  sehingga konsumen tidak dirugikan,” ujar Irwan Prayitno saat membuka seminar Harkonas  di Padang, Jumat (20/4/2018)

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa sampai saat ini masih banyak terjadi  kasus  sengketa konsumen yang  belum juga tuntas, selain itu  konsumen juga sering tidak melapor saat dirugikan karena tidak mengetahui  hak-hak sebagai konsumen.

“Perlindungan tentang  konsumen di Indonesia diatur dalam  Undang-Undang Nomor  8 Tahun 1999, tetapi konsumen banyak yang tidak mengetahui tentang undang-undang tersebut sehingga hak-hak mereka sering terabaikan,  dengan adanya Harkonas tentunya diharapkan konsumen lebih cerdas dalam memilik produk dan menuntut jika hak mereka diabaikan,” ujarnya

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa saat ini system penjualan produk sudah menggunakan aplikasi daring,  penjualan dengan menggunakan aplikasi daring tersebut membuat  kompetisi usaha yang semakin ketat. Ini terbukti dengan  banyaknya platform belanja daring yang bermunculan.

“ Ini berpengaruh kepada  pola konsumsi masyarakat yang semula offline menjadi online Pergeseran pola konsumsi tersebut harus  dilihat dengan  bijak oleh produsen terlebih lagi yang bergerak di UMKM,” ujarnya

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga