Pasaman Salah Satu Daerah Pemasok Jagung Terbesar di Sumbar

Pasaman Salah Satu Daerah Pemasok Jagung Terbesar di Sumbar Lahan Jagung di Nagari Panti, Kecamatan Panti, Pasaman, Selasa (17/04/2018)

Covesia.com - Jagung memiliki peranan penting dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Pasaman, karena selain bisa menjadi bahan olahan makanan juga manfaatnya cukup banyak termasuk bahan baku industri pangan, industri pakan ternak dan bahan bakar.

Kebutuhan jagung dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang begitu signifikan sampai harganya juga cukup menjanjikan hingga tembus di harga Rp. 3.800 rupiah per Kg.

Jagung yang dikenal dengan pakan ayam itu memiliki harga yang begitu menjanjikan di Pasaran sejumlah masyarakat di Pasaman, khususnya di Nagari Panti Kecamatan Panti sudah mulai menanami lahan yang sudah lama mereka tinggalkan. Bahkan sebahagian warga juga rela mengganti tanaman kebunnya menjadi lahan jagung.

Penyuluh Pertanian UPT Petok, Hepy Yandri mengatakan Pasaman merupakan salah satu daerah Pemasok Jagung dan Padi terbesar di Sumatera Barat. 

"Pasaman merupakan salah satu daerah pemasok Jagung dan Padi terbesar di Sumatera Barat. Daerah itu yaitu Nagari Panti Kecamatan panti merupakan salah satu penyumbang terbesar disamping Kecamatan Tigo Nagari, Simpati, Padang Gelugur Dan Rao Selatan," katanya, saat dikonfirmasi Covesia.com, Selasa (17/4/2018).

Jelas Hepy Yandri, luas lahan jagung di daerah Panti sekitar 475 hektare, tersebar di 3 kejorongan yakni jorong sentosa, jorong murni, dan Bahagia.

"Rata-rata penghasilan masyarakat perhektarenya mencapai 6 hingga 7 ton. Jika dikalikan 6 ton saja perhektar dikalikan 475 hektare secara keseluruhannya, maka hasil Panen jagung di nagari Panti bisa menghasilkan 2.850 ton persekali panen, ini adalah potensi Nagari Panti," terangnya.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga