KPU Agam Turunkan 1.592 Pantarlih

KPU Agam Turunkan 1592 Pantarlih KPU Kabupaten Agam saat gelar apel Pantarlih Nagari di Lubuk Basung, Selasa (17/4/2018) (Foto:Johan Utoyo)

Covesia.com - Jelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), turunkan 1.592 orang anggota Panitia Pemutakhiran Pemilih (Pantarlih).

Ketua KPU Kabupaten Agam, Al Hadi mengatakan, 1.592 anggota Pantarlih tersebut bertugas untuk menverifikasi terdata dari Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) dan diturunkan kelapangan serempak seluruh indonesia sejak 17 April 2018 hingga satu bulan kedepan.

“Tim Pantarlih nantinya akan mencocokan serta menambahkan data pemilih yang ada di jorong dan nagari bersangkutan,“ ujarnya usai mengikuti gelar apel Pantarlih Nagari Lubuk Basung, Selasa (17/4/2018).

Selain itu Pantarlih juga akan memasukkan data warga yang baru memenuhi syarat sebagai pemilih, Pendataan tersebut dilakukan dengan mendatangi langsung ke rumah.

“Anggota Pantarlih diambil dari jorong dan nagari yang bersangkutan, karena mereka lebih mengetahui dan kapan waktu yang tepat untuk dikunjungi,“ lanjutnya.

Dari pemilu sebelumnya ada penambahan anggota sebanyak 367 orang yang mana pada Pemilu periode yang lalu hanya 1.225. Penambahan tersebut disebabkan bertambahnya jumlah pemilih di kabupaten Agam.

"Bertambahnya jumlah pemilih maka berpeluang besar TPS pun bertambah nanti kita lihat berapa jumlah penambahannya," lanjutnya.

Al Hadi berharap, semua warga yang sudah memiliki hak pilih bisa menggunakan hak suaranya dengan baik.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga