Pola Tanam Padi Jajar Legowo Kurang Diminati Petani di Sumbar

Pola Tanam Padi Jajar Legowo Kurang Diminati Petani di Sumbar Ilustrasi tanaman Padi (Foto:Doc.Covesia)

Covesia.com - Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra mengungkapkan hanya sekitar 30 persen lahan sawah pertanian masyarakat di Sumatera Barat yang menerapkan pola tanam jajar legowo. 

"Masih banyak petani di Sumbar yang tidak mengikuti sistem jajar legowo atau mengatur jarak tanam antar rumpun dan antar barisan," ujar Candra, Padang, Selasa (17/4/2018). 

Kata Candra, tanam padi dengan sistem jajar legowo bisa diterapkan dengan pola  tanam 4:1, setiap empat baris tanaman diselingi satu  barisan kosong, antar barisan tersebut berjarak 20 cm centimeter dan barisan kosong sekitar 40 cm centimeter.

"Biasanya petani yang belum menggunakan sistem jajar legowo ini beralasan sistem tanam seperti ini bisa mengurangi jumlah produksi padi, Dinas Pertanian berupaya meyakinkan petani agar merubah pola tanam biasa kepada jajar legowo," ujarnya 

Sementara itu, penggiat pertanian organik, Menhendri saat dihubungi covesia.com menuturkan bahwa petani yang menggunakan sistem jajar legowo dan organik biasanya terhimpun dalam gabungan kelompok tani, dan cara taman seperti ini sebetulnya sangat menguntungkan bagi petani itu sendiri.

"Saya sudah lama menggunakan sistem ini, kelebihannya petani bisa bertanam padi dengan sistem silang, jadi setelah panen petani bisa menanam padi diareal kosong sebelumnya. Selain itu, dengan pola tanam jajar legowo juga mengurangi serangan hama tikus," ujar Menhendri.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa pemerintah juga harus mensosialisasikan sistem tanam jajar legowo kepada masyarakat terlebih lagi petani yang tidak tergabung dalam kelompok tani.

"Biasanya petani yang tidak tergabung dalam kelompok tadi tidak pernah mendapatkan pendidikan pertanian oleh Dinas Pertanian, bahkan mereka bercocok tanam dengan cara konvensional, sehingga tanah yang semula alami sekarang sudah mulai rusak," ujarnya.

(dil/don)


Berita Terkait

Baca Juga